Berintegritas, Berkarakter, dan Profesional Jadi Bekal Lulusan FEB untuk Bersaing di Dunia Kerja

JAKARTA – Dalam rangka memberikan pembekalan kepada para lulusan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis  Universitas Nasional (FEB UNAS) kembali melangsungkan yudisium calon wisudawan dan wisudawati, pada Sabtu (20/10). Membawa tema “Menjadikan Lulusan Fakultas Ekonomi Berintegritas, Berkarakter, dan Profesional”, kegiatan rutin ini menghadirkan konsultan manajemen, Syamsudin, S.E., M.Si., sebagai narasumber.

Dalam penyampaiannya, Syamsudin mengatakan, perlu adanya bekal yang cukup bagi para lulusan untuk mempersiapkan diri saat memasuki dunia kerja. Menurutnya, para lulusan harus memiliki integritas yang tinggi, berakakter baik, dan berjiwa profesional guna menghadapi persaingan sesungguhnya yang begitu sulit.

“Berintegritas berarti apa yang kita katakan, itulah yang kita lakukan. Intinya, kita dituntut untuk tidak berbohong dan menjunjung tinggi kejujuran. Memang tidak mudah, tetapi disitulah letak jati diri seseorang dan pengukuran kemanusiaan kita. Kejujuran dan kompetensi merupakan dua hal yang menjadi penilaian besar bagi perusahaan. Maka penting untuk menyelaraskan dua hal tersebut,” ujarnya di Aula Blok I lantai IV UNAS.

Sementara berkarakter, Syamsudin menjelaskan bahwa hal tersebut menjadi ciri khas seseorang yang dapat mencerminkan kepribadian baik atau buruknya. Bagi para lulusan, karakter kuat dan disiplin perlu untuk diterapkan. Tidak hanya dalam dunia kerja, tetapi juga dalam lingkup keluarga, masyarakat, bangsa dan negara. “Orang yang berkarakter baik pasti dia bisa membuat keputusan dan siap mempertanggungjawabkannya,” imbuhnya.

Lain halnya dengan profesional, ia menuturkan, orang yang berpegang teguh pada profesinya serta menjalankan profesi dengan baik dan sesuai keahliannya maka disebut profesional. “Profesional menjadi sebuah keharusan, karena dengan profesional maka kita akan dihargai oleh orang lain. Tak hanya itu, dengan profesional kita juga perlu mematuhi segala norma yang ada dalam profesi yang dijalankan,”.

Baca Juga :   Yuddy Chrisnandi Luncurkan Buku ‘Cinta Keduaku Berlabuh di Ukraina’

Dalam kesempatan yang sama, Dekan FEB, Dr. Suryono Efendi, S.E., M.M., berharap para lulusan dapat sukses dan terus menjaga nama baik almamater selama berkompetisi di lapangan kerja nyata. “Selamat berjuang dan berkompetisi, jaga nama baik almamater, terus berdoa dan berusaha agar menjadi orang yang berhasil. Kami selaku para dosen akan terus menjadi jembatan kalian agar dapat meraih cita-cita yang didambakan,” tuturnya.

Acara ini ditutup dengan pemberian sertifikat kepada para lulusan terbaik diantaranya Refina Nur Kamila, S.M., dari program studi Manajemen kelas karyawan, Konstatinus Paul Paat, S.M., dari program studi Manajemen kelas regular, Shofiyah, S.Ak., dari program studi Akuntansi kelas karyawan, dan Muhammad Eko Wibowo, S.Ak., dari program studi Akuntansi kelas regular. Adapun lulusan prodi Manajemen berjumlah 60 orang, sedangkan prodi Akuntansi berjumlah 32 orang.(*NIS)

Berita Terbaru
Berita

Pernyataan Sikap Pimpinan UNAS

HUBUNGAN MASYARAKAT UNIVERSITAS NASIONAL Jl. Sawo Manila No. 61, Pejaten Pasar Minggu Jakarta Selatan 12520   Siaran Pers                    No.040/MPR/SP/IV/2024   Menyikapi

Read More »

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!