Bantu Program Vaksinasi, Mahasiswa FIKES Unas Turun Jadi Relawan

Jakarta (Unas) – Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Nasional (Unas) turut serta jadi relawan vaksinasi Covid-19. Hal ini dilakukan guna membantu penyebaran program vaksinasi yang tengah digencarkan pemerintah untuk menanggulangi Covid-19.

Sejumlah mahasiswa yang menjadi relawan yaitu Intan Reni Nirwana, Kusumawati, Dinar Febrina Cherlya, Nurul Azizah, Suci Ramdhiani, Jeny Hidayanti Putri, Dwi Agustia Puteri, dan Maulidiya Fadila. Delapan mahasiswa tersebut tersebar di 4 lokasi vaksinasi yakni Kelurahan Jatipadang, Puskesmas Kelurahan Pejaten Barat II, Puskesmas Kelurahan Pejaten Barat III, dan Gedung PKK.

Salah satu relawan, Suci Ramdhiani mengaku merasa bangga dapat berkontribusi langsung dalam membantu program vaksinasi Covid-19. “Saya senang sekali mendapatkan pengalaman baru dan dapat membantu tim kesehatan yang lain dalam mensukseskan program vaksinasi ini,” jelasnya saat diwawancarai oleh Humas Unas via pesan whatsapp, Rabu (30/06).

Dalam kegiatan tersebut, Suci bertugas dalam bagian administrasi, pengecekan tanda-tanda vital, dan observasi. “Selama dua hari bertugas di Kelurahan Pejaten Barat II saya membantu dalam penginputan data pasien, melakukan pengecekan tanda-tanda vital peserta vaksin, dan bertugas melakukan observasi di hari kedua,” tuturnya.

Ia juga menuturkan, sebelum turun ke lapangan, relawan vaksin perlu memiliki kondisi fisik dan psikis yang sehat, serta tetap mematuhi protokol kesehatan selama vaksinasi berlangsung. “Selain harus sehat, kami juga diharuskan menggunakan pelindung diri lengkap, melakukan 5M, sudah mendapatkan izin dari orang tua, dan sudah divaksin sebelumnya,” tegas mahasiswa program studi Keperawatan itu.

Di sisi lain, relawan mahasiswa program studi Kebidanan Unas, Intan Reni Nirwana juga berharap, program vaksinasi ini dapat terus berjalan dengan baik dan merata di seluruh lapisan masyarakat. “Semoga dengan adanya program vaksin ini dapat memutuskan rantai penyebaran virus. Saya juga berharap setiap masyarakat mampu mendukung program ini dengan tetap menjaga protokol kesehatan,” katanya. (NIS) 

Baca Juga :   Kuliah Umum Virtual Fakultas Hukum Universitas Nasional
Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!