BAN-PT Visitasi Reakreditasi Program Studi Administrasi Publik

Jakarta (UNAS) – Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) visitasi reakreditasi program studi (prodi) administrasi publik pada Kamis (8/11). Proses reakreditasi dilakukan oleh asesor dengan melakukan asesmen lapangan guna Crosscheck antara  isian borang  dengan bukti dukung yang disampaikan oleh prodi administrasi publik kepada BAN-PT.

Dalam asesmen lapangan ini BAN-PT menugaskan dua asesor yaitu, Dr. Hasniati, S.Sos., M.Si. dari Universitas  Hasanudin dan Dr. Denok Kurniasih, M.Si. dari Universitas Jenderal Soedirman. Acara yang berlangsung di Auditorium Universitas Nasional (UNAS) ini dihadiri pula oleh Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Keuangan, dan Sumber Daya Manusia Prof. Dr. Drs. Eko Sugiyanto, M.Si., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr. Drs. Zainul Djumadin, M.Si., Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Dr. Truly Wangsalegawa M.A., M.Ed., Ph.D, Wakil Dekan I Dr. Aris Munandar M.Si, Wakil Dekan II Aos Yuli Firdaus S.I.P., M.Si serta para dosen dan staff. 

Aspek yang dinilai oleh BAN-PT meliputi tujuh aspek diantaranya pertama visi, misi, tujuan dan sasaran, serta strategi pencapaian; Kedua, tata pamong,  kepemimpinan, sistem pengelolaan, dan penjaminan mutu; Ketiga, Mahasiswa dan lulusan; Keempat, sumber daya manusia; Kelima, Kurikulum, pembelajaran, dan suasana akademik; Keenam, Pembiayaan, sarana dan prasarana, serta sistem informasi; Ketujuh, Penelitian,  pelayanan atau pengabdian kepada masyarakat, dan kerjasama.

Kedua asesor memaparkan borang yang telah diisi oleh prodi administrasi publik dan menanyakan hal-hal yang perlu diklarifikasi terhadap bukti laporan di dalam borang. Sementara,  Ketua Prodi Administrasi Publik Dr. Akhmad Mukhsin, M.Si. beserta tim akreditasi menjawab pertanyaan yang diajukan dengan baik sekaligus menjawab langkah kedepan prodi administrasi publik terkait proses pembelajaran dan penelitian.

Visitasi reakreditasi merupakan hal wajib yang harus dilalui oleh program studi untuk mendapatkan nilai akreditasi. Sebelumnya, prodi administrasi publik mendapat nilai sangat baik (A). Dan Tahun ini, prodi administrasi publik berupaya maksimal agar dapat mempertahankan nilai akreditasi. Hal ini terbukti dengan lampiran yang disajikan oleh prodi administrasi publik.

“Semua standar tersedia dengan rapi baik dokumen maupun lampiran sekaligus semua aspek yang ada di dalam borang akreditasi ini sudah terlaksana dengan baik,” ujar Hasniati. Ia pun mengungkapkan apresiasinya kepada prodi yang selama lima tahun terakhir telah berkembang dan rutin melakukan tracer study terhadap alumni.

“Semoga prodi administrasi publik dapat menjaga kualitas dan mutu pembelajaran maupun penelitian yang sudah dituangkan di dalam borang,” ucap Hasniati. (*DMS).