Asesor Survailen Perpusnas Visitasi Cyber Library Unas

Jakarta (Unas) – Perpustakaan Universitas Nasional atau yang dikenal Cyber Library menerima kedatangan para asesor dalam rangka asesmen lapangan untuk akreditasi, Senin, (9/10/2023). Asesmen lapangan ini dilakukan sebagai pengecekan fisik dan dokumen yang telah diserahkan kepada asesor oleh tim akreditasi perpustakaan.

Hadir dalam acara ini, Wakil Rektor Unas Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Prof. Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., M.M., Kepala Perpustakaan Unas Arie Gunawan, S.Si., M.M.S.I., Kepala Badan Penjaminan Mutu (BPM) Unas Dr. Muhani, S.E., M.Si.M., Kepala Bidang Evaluasi Capaian dan Pengembangan Standar Mutu BPM Unas Mia Handini S. T., MMSI., Kepala Biro Administrasi Sumber Daya Manusia Unas Dr. Edi Sugiono, S.E., M.M., tenaga pendidik (tendik) serta para staf perpustakaan Unas.

Adapun tim akreditasi yang melakukan asesmen lapangan yaitu Asesor Survailen dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia Renda Khris Ardhi Artha, S.Sos., M.Si. dan Dra. Penny Librayanti, M.Si. serta Pendamping Asesor Sri Rizki Pudji Lestari, S.Sos.

Pada awal proses asesmen lapangan, para asesor berkeliling untuk pengecekan fasilitas yang ada di perpustakaan Unas. Adapun fasilitas yang dicek diantaranya, Ruang Komputer, Ruang Diskusi, Smart Meeting Room, Ruang Audio Visual, Ruang Seminar, dan Korean Corner.

Wakil Rektor Unas Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Prof. Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., M.M. turut menyampaikan terima kasih dan selamat datang kepada tim asesor yang telah hadir dalam rangka asesmen lapangan akreditasi perpustakaan di Unas. Ia menyatakan, akan membantu dan memfasilitasi kegiatan asesmen agar berjalan dengan lancar.

Ia juga mengatakan, proses akreditasi menjadi bagian dari pengembangan untuk memajukkan perpustakaan Unas. Menurutnya, akreditasi ini menjadi penting untuk terus berbenah memperbaiki aspek-aspek yang dianggap kurang agar perpustakaan berjalan dengan maksimal.

Baca Juga :   Ratusan Job Seeker Ramaikan Job Expo 2011

Sementara itu, Kepala Bidang P2PKM Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta Drs. Suryanto, M.Si. mengatakan perpustakaan Unas memiliki potensi. Hal ini, terbukti dari inovasi-inovasi yang telah disampaikan termasuk tersedianya ruang galeri Sutan Takdir Alisjahbana. Menurutnya, ini menjadi bekal dalam proses akreditasi.

Suryanto juga mengatakan, dengan tersedianya fasilitas yang lengkap di perpustakaan Unas, diperlukan inovasi lain seperti mengintergrasikan perpustakaan dengan sivitas akademika Unas melalui pemberian pemahaman mengenai koleksi-koleksi buku yang ada.

“Hal ini terkait dengan tantangan pustakawan kedepan dimana pustakawan bukan hanya menata buku, mengelola buku tetapi harus paham mengenai koleksinya apa, tata letaknya bagaimana, genrenya seperti apa, kelasnya seperti apa dan ini disampaikan ke pemustaka,” katanya dalam kegiatan asesmen lapangan di Ruang Rapat Cyber Library Unas.

Ia juga mengungkapkan, akreditasi perpustakaan juga menjadi jalan yang mengarah kepada inline-nya dengan akreditasi institusi. Hal ini, kata Dia, juga mempengaruhi rasa kepercayaan masyarakat. “Akreditasi ini menjadi penting ketika ada trust antara masyarakat dengan pengelola Universitas dalam hal ini perpustakaan. Artinya akreditasi perpustakaan perlu inline dengan akreditasi Universitas,” pungkas Suryanto.

Dalam proses asesmen lapangan ini, dibagi menjadi dua lokasi untuk pengecekan dokumen. Penilaian akreditasi yang dilakukan Perpustakaan Nasional RI meliputi beberapa komponen, diantaranya yaitu komponen Koleksi (Jumlah, Jenis, Penambahan, Perawatan), Sarana prasarana (Gedung, Ruang dan Perabot), Layanan (Pengunjung, Peminjam, Penelusuran Informasi, Promosi dan Literasi), Tenaga (Kepala, Pustakawan, Tenaga teknis), Pengelolaan dan Penyelenggaraan (Program, Pelaporan, Anggaran, Kerjasama), Penguat (Inovasi, Keunikan, Prestasi, Komitmen Pimpinan).

Sebelum mengakhiri kegiatan asesmen lapangan, penandatanganan Berita Acara Hasil Surveilans Akreditasi Perpustakaan dilakukan oleh kedua belah pihak yaitu antara Wakil Rektor Unas Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Prof. Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., M.M., dan Kepala Perpustakaan Unas Arie Gunawan, S.Si., M.M.S.I. dengan Asesor Survailen Perpusnas Renda Khris Ardhi Artha, S.Sos., M.Si. (*DMS)

Baca Juga :   Webinar Series FEB UNAS Kolaborasi BNI
Bagikan :

Info Mahasiswa

Related Post

Arahkan Mahasiswa Paham Hukum Perdata Sebelum Mulai Berbisnis, Fakultas Hukum Seleneggarakan Kuliah Umum
Pengarahan Pimpinan Kepada Dosen di Lingkungan Universitas Nasional Perihal Jabatan Fungsional Dosen Tahun 2022
Hari Badak Sedunia, Upaya Perlindungan dan Pelestarian Badak Jawa di TNUK
Webinar Nasional Prodi Sosiologi FISIP UNAS
Upaya Jalankan 11 Prinsip, FTS Lakukan Webinar Penerapan ISO 21001:2018
SEKOLAH PASCASARJANA LULUSKAN DOKTOR PEREMPUAN PERTAMA DI BIDANG ILMU POLITIK

Kategori Artikel

Berita Terbaru
Informasi Penerimaan Magang di BPOM SDM Rev_02-01
Uncategorized

Kesempatan Magang Di BPOM

Untuk Mahasiswa/i Program Studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nasional. Silahkan mengirimkan surat ke Kepala BPOM cq Kepala

Read More »
Agenda

OPEN RECRUITMENT PKM 2025

✨ OPEN RECRUITMENT PKM 2025 ✨ Hai, Mahasiswa UNAS! 🎓Punya ide kreatif? Yuk wujudkan idemu melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)

Read More »

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2024/2025

Hari : Kamis 

Tanggal : 19 September 2024

Pukul : 07.00 – 17.00 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS
  4. FAKULTAS TEKNOLOGI  KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA

Hari : Jum’at

Tanggal : 20  September 2024

Pukul : 07.00 – 16.00 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS HUKUM
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!