Alumni Biologi UNAS Putu Pujiantari Raih Beasiswa Doktor Bergengsi di University of Arkansas

Bagikan Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Alumni Biologi UNAS

Jakarta (UNAS) – Alumni Fakultas Biologi UNAS Putu Mas Itha Pujiantari mendapatkan Beasiswa Internasional Bergengsi “Franklin Mosher Baldwin Memorial Fellowship” untuk Program Doktoral dari University of Arkansas. Putu mendapatkan beasiswa bergengsi untuk melakukan penelitian dan mendokumentasikan diet primata di alam liar.

Dalam ulasan di News University of Arkansas, Putu Mas Itha Pujiantari akan ke Kalimantan, Indonesia untuk melakukan penelitian tentang makanan primata dan mempelajari lebih lanjut adaptasi makan mereka dalam perubahan iklim dan habitat.

“Pentingnya penelitian ini untuk menunjukkan adaptasi ekologi mereka, seperti perubahan pola makan, pola penyebaran, respon fisiologis dan kelangsungan hidup, sehingga kita dapat memahami bagaimana melindungi mereka dari kepunahan”, kata Putu. “Primata adalah spesies payung, yang berarti bahwa dengan melindungi mereka, kita secara tidak langsung melindungi banyak spesies lain yang membentuk komunitas ekologi habitat mereka”,  Lanjutnya.

Putu Mas Itha Pujiantari Alumni Biologi Unas yang mendapatkan beasiswa Internasional bergengsi “Franklin Mosher Baldwin Memorial Fellowship”.

Putu menceritakan bahwa penelitian adalah keinginan di masa kecilnya, ketika dia tertarik pada alam dan satwa liar setelah menonton film dokumenter Steve Irwin. Setelah menempuh pendidikan sarjana biologi di Universitas Nasional, Putu Pujiantari mengikuti simposium primatologi yang memicu rasa penasarannya di bidang tersebut.

“Lima dari enam pembicara dalam simposium adalah perempuan dan dari negara lain, dan semuanya telah menghabiskan lebih dari dua dekade di Indonesia untuk mempelajari primata,” katanya. “Setelah simposium, saya mulai membaca artikel jurnal tentang primata dan menemukan bahwa sebagian besar penelitian primatologi di Indonesia dilakukan oleh atau bekerja sama dengan peneliti internasional. Saat itu, saya memutuskan untuk tidak lagi hanya menjadi petugas – saya ingin menjadi rekan mereka”, tandas Putu.

“Ini adalah kesempatan besar bagi saya untuk memperluas pengetahuan saya, tidak hanya tentang ekologi tetapi juga memberi makan ekologi dari perspektif antropologis”, katanya. “Setelah saya menyelesaikan gelar master saya di bidang antropologi, saya menjadi bersemangat untuk belajar tentang bagaimana sistem pencernaan primata akan merespons perubahan dalam pilihan makanan karena perubahan iklim dan perubahan lanskap yang disebabkan oleh antropogenik”, ungkapnya

Baldwin Fellowship adalah beasiswa internasional bergengsi yang ditujukan bagi siswa berkewarganegaraan di negara yang memiliki kesempatan terbatas untuk pendidikan lanjutan dan penelitian terkait asal usul manusia.

Menurut Profesor Anthropology Director of Environmental Peter S Ungar, P.Hd dengan penghargaan ini Putu bergabung dengan kelompok elit yang terdiri dari banyak peneliti terkemuka dalam melakukan penelitian. “Ini adalah bukti potensi dan janji program penelitian yang direncanakannya. Seluruh program Dinamika Lingkungan bangga padanya”, Papar Peter Ungar.

“Saya senang menerima Baldwin Fellowship, dan dengan bantuannya saya berharap penelitian saya dapat digunakan untuk pengambilan keputusan terkait konservasi dan menjadi referensi untuk penelitian yang lebih maju di masa depan”, kata Pujiantari.

Terlepas dari kebutuhan mendesak untuk penelitian tambahan tentang bagaimana perubahan iklim mempengaruhi hewan di alam liar, dampak pemanasan global dan cuaca ekstrem tidak dipelajari untuk primata karena sifatnya yang mudah beradaptasi dan pola makan yang luas. Karya Pujiantari akan membantu mengisi kekosongan penelitian tentang bagaimana primata beradaptasi dengan lingkungan yang berubah.

Sebelumnya, Putu telah dipromosikan oleh dosen Fakultas Biologi Universitas Nasional untuk melanjutkan studinya di University of Arkansas dalam Kuliah Umum Kerjasama Biologi dan KKI dengan Dosen tamu Professor Anthropology Director of Environmental Peter S Ungar, P.Hd pada tahun 2019. Sebagai informasi Fakultas Biologi UNAS sedang melakukan penjajakan Kerjasama dengan University of Arkansas United States. (*TIN) 

Berita Terbaru
Chat with Us!