39 Mahasiswa Fakultas Pertanian Lakukan KKL di Empat Provinsi

Jakarta (Unas) – Sebanyak 39 mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Nasional (Unas) angkatan 2017, lakukan Kuliah Kerja Lapang (KKL) pada tahun akademik 2020/2021. Pelaksanaan KKL tersebut tersebar di empat provinsi.

“Pada semester ini ada 4 provinsi yang menjadi tempat KKL mahasiswa Fakultas Pertanian Unas. Pertama di Sukabumi, Jawa Barat yang diikuti sebanyak 32 mahasiswa, Sulawesi Barat diikuti 2 mahasiswa, Belitung diikuti 3 mahasiswa, dan Nias diikuti 2 mahasiswa,” ujar dosen pembimbing lapangan KKL, Ir. Asmah Yani, M.Si. melalui keterangan tertulisnya, Kamis (5/10).

KKL dilakukan dengan turun ke lapangan dan juga sistem magang di instansi. Untuk wilayah Provinsi Jawa Barat, lokasi utama KKL berada di Desa Undrus Binangun, Kecamatan Kududampit, Kabupaten Sukabumi.

Selama KKL, mahasiswa dan dosen pembimbing menginap di rumah warga sekitar. Aktivitas yang dilakukan selama 10 hari ialah melakukan kajian sesuai bidang yang diminati oleh mahasiswa. Selain itu, mahasiswa juga melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), mengadakan bakti sosial, serta kegiatan bersih lingkungan.

Asmah melanjutkan, KKL semester ini seharusnya dilakukan pada bulan Juni 2020. Namun, karena situasi pandemi Covid-19, maka KKL baru bisa dilakukan pada tanggal 3 hingga 12 November 2020. Sebelum terjun ke lapangan, mahasiswa juga telah melakukan rapid tes.

“Berhubung KKL ini dilaksanakan dalam masa pandemi covid-19, maka sebelum turun ke lapangan, semua peserta harus melakukan rapid tes,”  tambah Asmah yang juga dosen pertanian itu.

Sementara itu, selama melakukan kajian lapangan, mahasiswa diharuskan membuat laporan yang akan dipresentasikan secara daring di seminar KKL pada 2-4 Desember 2020 mendatang.

Kegiatan KKL di Sukabumi didampingi oleh dosen pembimbing,  Ir. Asmah Yani. M.Si dan Ir. Yenisbar. M.Si. Sementara di 3 provinsi lainnya, mahasiswa  dibimbing oleh pembimbing lapangan dari instansi tempat PKL, yakni Ketut Indrayana, S.TP., di Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sulawesi Barat, Isa Gulo, S.P., di Gunung Sitoli, Kepulauan Nias, Sumatera Utara, dan Ramonda, S.Kom. di Belitung. (NIS)