39 Mahasiswa Fakultas Pertanian Lakukan KKL di Empat Provinsi

Jakarta (Unas) – Sebanyak 39 mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Nasional (Unas) angkatan 2017, lakukan Kuliah Kerja Lapang (KKL) pada tahun akademik 2020/2021. Pelaksanaan KKL tersebut tersebar di empat provinsi.

“Pada semester ini ada 4 provinsi yang menjadi tempat KKL mahasiswa Fakultas Pertanian Unas. Pertama di Sukabumi, Jawa Barat yang diikuti sebanyak 32 mahasiswa, Sulawesi Barat diikuti 2 mahasiswa, Belitung diikuti 3 mahasiswa, dan Nias diikuti 2 mahasiswa,” ujar dosen pembimbing lapangan KKL, Ir. Asmah Yani, M.Si. melalui keterangan tertulisnya, Kamis (5/10).

KKL dilakukan dengan turun ke lapangan dan juga sistem magang di instansi. Untuk wilayah Provinsi Jawa Barat, lokasi utama KKL berada di Desa Undrus Binangun, Kecamatan Kududampit, Kabupaten Sukabumi.

Selama KKL, mahasiswa dan dosen pembimbing menginap di rumah warga sekitar. Aktivitas yang dilakukan selama 10 hari ialah melakukan kajian sesuai bidang yang diminati oleh mahasiswa. Selain itu, mahasiswa juga melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), mengadakan bakti sosial, serta kegiatan bersih lingkungan.

Asmah melanjutkan, KKL semester ini seharusnya dilakukan pada bulan Juni 2020. Namun, karena situasi pandemi Covid-19, maka KKL baru bisa dilakukan pada tanggal 3 hingga 12 November 2020. Sebelum terjun ke lapangan, mahasiswa juga telah melakukan rapid tes.

“Berhubung KKL ini dilaksanakan dalam masa pandemi covid-19, maka sebelum turun ke lapangan, semua peserta harus melakukan rapid tes,”  tambah Asmah yang juga dosen pertanian itu.

Sementara itu, selama melakukan kajian lapangan, mahasiswa diharuskan membuat laporan yang akan dipresentasikan secara daring di seminar KKL pada 2-4 Desember 2020 mendatang.

Kegiatan KKL di Sukabumi didampingi oleh dosen pembimbing,  Ir. Asmah Yani. M.Si dan Ir. Yenisbar. M.Si. Sementara di 3 provinsi lainnya, mahasiswa  dibimbing oleh pembimbing lapangan dari instansi tempat PKL, yakni Ketut Indrayana, S.TP., di Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sulawesi Barat, Isa Gulo, S.P., di Gunung Sitoli, Kepulauan Nias, Sumatera Utara, dan Ramonda, S.Kom. di Belitung. (NIS)

Baca Juga :   Semangat Hari Kartini, Ajak Wisudawan UNAS Persatukan Bangsa Untuk Kemajuan Bersama
Berita Terbaru
Berita

Pernyataan Sikap Pimpinan UNAS

HUBUNGAN MASYARAKAT UNIVERSITAS NASIONAL Jl. Sawo Manila No. 61, Pejaten Pasar Minggu Jakarta Selatan 12520   Siaran Pers                    No.040/MPR/SP/IV/2024   Menyikapi

Read More »

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!