UNAS-UNISZA Kolaborasi Program Sukarelawan

Kegiatan sukarelawan ini tidak hanya meliputi gotong royong, maupun kesehatan tapi juga kegiatan motivasi kepada siswa siswi sekolah.
 
 
Jakarta [UNAS] – Menjadi sebuah universitas yang baik tidak hanya dengan meningkatkan kualitas diri saja. Bertambahnya kualitas suatu lembaga terlihat apabila dapat memberikan dampak yang baik terhadap lingkungan di mana dia berada, sehingga terlihat bentuk nyata kualitas dengan memberikan arti terhadap sesama.

Menggerakkan hal itu, kerja sama yang dilakukan Universitas Nasional (UNAS) dan Universitas Sultas Zainul Abidin (UNISZA) beberapa waktu silam tidak hanya sampai saat itu saja. Kali ini, dua kolaborasi ini mengadakan kerjasama program sukarelawan dengan SMK Pasar Minggu yang bertepatan di daerah RW 02 kelurahan Pasar Minggu, Jum’at (11/12)

Ketua Delegasi Misi Elit Sukarelawan ASEAN (Indonesia) Universitas Sultan Zainal Abidin (UNISZA) Terengganu, Malaysia, Mohd Sayuti Bin Yahya mengatakan,” kita akan membuat sebuah rancangan program kegiatan yang akan kami lakukan tahun 2016 mendatang yang dinamakan program sukarelawan. Kedatangan kali ini, kami ingin mengetahui dan berbincang tentang kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di SMK Pasar Minggu untuk merencanakan semua program kegiatan nantinya. Kegiatan sukarelawan ini tidak hanya meliputi gotong royong, maupun kesehatan tapi juga kegiatan motivasi kepada siswa siswi sekolah”.

Dalam kunjungannya ke SMK Pasar Minggu, rombongan delegasi UNISZA dan Mahasiswa Program Studi Hubungan Internasional diberikan kesempatan oleh Kepala Sekolah SMK Pasar Minggu, Ludiono, S.Pd. mengunjungi beberapa ruangan kelas. Di sana, delegasi Unisza memperkenalkan dirinya dan rencana-rencana kerjasama yang akan mereka lakukan kepada murid-murid di SMK Pasar Minggu.

Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Hendra Maujana Saragih, S.Ip., M.Si. mengungkapkan,”upaya yang dilakukan UNAS yakni membantu menjembatani UNISZA dan SMK Pasar Minggu seperti mempererat hubungan UNAS dan SMK Pasar Minggu pada beberapa kegiatan kerjasama dalam penyuluhan sebelumnya. Selain itu, kita juga membantu kegiatan yang dilakukan UNISZA agar kegiatan yang dilakukkan lancar”.

“Delegasi yang datang ke Indonesia merupakan kumpulan mahasiswa sukarelawan dalam rangka membantu bencana dan juga ikut konsen dalam komunitas asean”, tutur Mohd Sayuti.

Dalam wawancaranya, Hendra Maujana mengatakan,”kegiatan ini berlangsung selama 4 hari. Rencananya mereka akan menggelar sosialisasi (seminar) dengan beberapa kegiatan yang sudah dilakukannya selama beberapa tahun ini dibidang sukarelawan. Sebelumnya mahasiswa delegasi UNISZA ini melaksanakan temu ilmiah bersama Mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Nasional berikut dengan mahasiswa mahasiswa lainnya (10/12). Besok rencananya kami akan mengadakan gotong royong yang akan dilaksanakan di RW 02 Pejaten Pasar Minggu (12/12)”. (Sudirgo, S.P)