Webinar Series Ketiga : Kontribusi Bidang Teknologi dalam Memerangi Covid-19

Jakarta (Unas) – Universitas Nasional (Unas) melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) kembali mengadakan webinar series ketiga dengan mengangkat kontribusi bidang teknologi dalam pencegahan dan penanggulangan Covid-19, pada Senin (22/06).

Dalam sambutannya, Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Unas, Dr. Ernawati Sinaga, MS, Apt. mengatakan, kontribusi scientist yang bergerak dalam bidang teknologi sangat dibutuhkan untuk bisa memerangi Covid-19.

“Ini sangat dibutuhkan agar keadaan darurat pandemi ini bisa berkurang atau bisa kita atasi secara tuntas mengingat masih adanya kenaikan orang yang terpapar Covid-19 masih terus meningkat, baik di nasional maupun internasional,” ujarnya.

Selain itu, webinar ini juga dilakukan guna mengekspos hasil penelitian dosen dan mahasiswa Unas terkait riset pencegahan Covid-19. “Di Unas sendiri kami dosen-dosen dan mahasiswa merasa sangat terpanggil untuk mengadakan penelitian,” katanya. Erna menambahkan, dia menerima sekitar 171 laporan penelitian terkait Covid-19 dari segala bidang. 

Dimoderatori oleh dosen Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika (FTKI) Unas, Benrahman, S.Kom., MMSI. kegiatan ini dihadiri oleh 5 pembicara yaitu Dr. Septi Andryana, S.Kom., M.MSI, Abdusy Syarif, Ph.D, Dr. Fauziah, S.Kom., MMSI., Dr. Agung Triayudi, S.Kom., M.Kom. dan Aris Gunaryati, S.Si., MMSI. Adapun penelitiannya sebagai berikut:

  1. Dr. Septi Andryana, S.Kom., M.MSI.

Pemeringkatan Wilayah Terdampak Covid-19 Menggunakan Pendekatan UG-SmartRank”

  1. Abdusy Syarif, Ph.D

“Rancang Bangun Machine Learning Untuk Pendektesian Covide-19 Berdasarkan Segmentasi Citra Klinis”

  1. Dr. Fauziah, S.Kom., MMSI.

“Implementasi Deep Learning Menggunakan Convolution Neural Network Berbasis Matlab Untuk Peramaian dan Klasifikasi Covid-19”

  1. Dr. Agung Triayudi, S.Kom., M.Kom.

“Penerapan Metode Artificial Neural Network (ANN) pada analisis Sentimen Opini Dampak Corona Virus terhadap Ekonomi Indonesia Melalui Media Sosial”

  1. Aris Gunaryati, S.Si., MMSI

“Model Time Series Guna Memprediksi Wabah Covid-19 di Jakarta”

Di samping itu, Dekan FTKI, Dr. Septi Andryana, S.Kom., M.MSI mengungkapkan bahwa terdapat 11 judul penelitian dosen dan mahasiswa mengenai Covid-19 dan diantaranya merupakan tugas akhir mahasiswa.

Webinar ini merupakan series ketiga dimana sebelumnya telah dilaksanakan dengan membahas penelitian di bidang sains dan teknologi, serta bidang kesehatan.