Webinar Manajemen : Pelaku Bisnis Didorong Melakukan Pemasaran Bisnis Melalui Digital Di Masa New Normal

Jakarta (UNAS) – Bisnis menjadi sektor yang sangat terdampak dengan adanya virus covid-19. Tak sedikit usaha kecil menengah yang merasakan krisis di tengah pandemi. Namun, Saat ini pemerintah telah menjalankan fase new normal untuk menghindari krisis ekonomi. Dimana beberapa sektor yang masuk dalam kategori bisnis telah kembali dibuka. Hal tersebut menjadi angin segar bagi pelaku usaha namun tak semata-mata membuat penjualan menjadi normal kembali sehingga perlu strategi pemasaran bisnis yang tepat agar usaha kecil menengah dapat kembali survive di masa new normal covid-19.

Dalam Webinar Manajemen yang diadakan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nasional Asisten Deputi Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM Destry Anna Sari mengatakan digitalisasi menjadi satu cara yang tepat dalam memasarkan produk saat new normal covid-19.

“Digitalisasi merupakan satu satunya jalan dalam kondisi seperti ini yaitu laman, marketplace, dan social media sehingga perlu kita mendorong para pelaku usaha beralih ke digital,” kata Destry, di Jakarta, pada Rabu (15/7).

Dalam mendorong pelaku usaha untuk memasarkan produknya melalui digital, Kementerian Koperasi dan UKM melakukan literasi digital melalui kanal web yang dapat diakses untuk pelatihan webinar. “Ini penting karena yang masuk ke marketplace kebanyakan adalah produsen UMKM, kami juga membantu usaha mikro yang belum siap ke digital, kita dampingi untuk ground ke marketplace,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Founder EFG-ERFOLGHABEN Ferdian Aryo Kusuma menyebut masih banyak pelaku usaha yang belum memahami bagaimana menjual produknya melalui digital. Hal itu, lanjutnya, kurangnya literasi dan informasi yang didapat oleh pelaku usaha sehingga banyak yang terpaksa harus gulung tikar.

“Di masa covid-19 kita harus mendigitalkan bisnis kita apapun itu, karena sudah tidak memungkinkan pelanggan datang ke toko, atau membuat event, jadi satu-satunya memang melalui digital,” ucap Ferdian.

Baca Juga :   Teken MoU, UNAS dan Kemitraan Komitmen Kerja Sama dalam Program Lingkungan

Sementara itu, Ketua Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNAS Dr. Rahayu Lestari, S.E., M.M. menjelaskan dalam menjalankan bisnisnya dimasa new normal berbagai perusahaan melakukan berbagai upaya melalui konten-konten kreatif yang kemudian di iklankan atau dipublikasikan melalui digital. Menurut Rahayu, langkah tersebut sangat efektif karena dapat memberi informasi kepada pelanggan upaya apa yang dilakukan untuk menjaga kesehatan dan keselamatan sehingga pelanggan tidak merasa khawatir untuk datang langsung

“Pelaku usaha bisa menggunakan kemajuan teknologi dengan membuat konten yang kreatif seperti short video apa yang disiapkan oleh pelaku usaha untuk menjaga kesehatan dan keselamatan karyawan maupun pelanggan. Dengan begitu pelanggan akan merasa aman tanpa perlu khawatir,” jelas nya. (*DMS)

Berita Terbaru
Berita

Pernyataan Sikap Pimpinan UNAS

HUBUNGAN MASYARAKAT UNIVERSITAS NASIONAL Jl. Sawo Manila No. 61, Pejaten Pasar Minggu Jakarta Selatan 12520   Siaran Pers                    No.040/MPR/SP/IV/2024   Menyikapi

Read More »

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!