Upaya Tingkatkan Klasterisasi, BPM  Lakukan Coaching Clinic Sinkronisasi Pembelajaran Daring 

Sinkronisasi ini dilakukan antara Learning Management System (LMS) Universitas Nasional (Unas) dengan Sistem Pembelajaran Daring (SPADA) Indonesia.

Jakarta (Unas) – Guna meningkatkan klasterisasi, Badan Penjaminan Mutu (BPM) Universitas Nasional (Unas) lakukan coaching clinic implementasi dan sinkronisasi pembelajaran daring LMS Unas dengan SPADA Indonesia, pada Selasa (20/04). 

Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni Unas, Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., M.M. mengatakan, kegiatan ini dilakukan dalam upaya menyelaraskan LMS Unas maupun proses pembelajaran daring lainnya yang sesuai dengan kebijakan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti). 

Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., M.M.

Coaching clinic ini momentum yang baik untuksharing dalam rangka mewujudkan klasterisasi Unas khususnya dalam pembelajaran daring, sesuai dengan kebijakan pemerintah yang mengharuskan perguruan tinggi untuk melakukan perkuliahan secara daring,” jelasnya dalam sambutan di kegiatan ini, di Aula Blok I Lantai IV Unas. 

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unas itu menambahkan, dengan menyempurnakan pembelajaran daring sesuai apa yang ditetapkan Dikti, diharapkan kegiatan perkuliahan di Unas dapat berjalan baik lancar. Ia juga berharap, peningkatan kualitas pembelajaran daring dapat menduduki Unas dalam klasterisasi dan ranking yang tinggi. 

Dalam paparannya, Kepala BPM Unas, Dr. Erna Ermawati Chotim, M.Si. mengatakan, sinkronisasi ini juga bertujuan untuk mewujudkan pembelajaran daring yang efektif diantara mahasiswa dan dosen. 

“Di sini kami menjelaskan apa yang sudah dilakukan oleh Unas selama pembelajaran daring, kemudian mencoba untuk mensinkronkan dengan SPADA Indonesia, sehingga apa yang dilakukan sudah sesuai dengan kebijakan dan arahan dari Dikti,” jelas Erna. 

Ia melanjutkan, sejak tahun 2015, Unas pun sudah menerapkan pembelajaran daring tersebut. Saat ini, Unas tengah fokus dalam pengembangan e-learning pada tiga hal yakni konten, interaksi, dan pendistribusian sistem. 

Baca Juga :   Tingkatkan Produktifitas Karya Ilmiah, FH UNAS Adakan Kuliah Umum Penulisan Jurnal Nasional dan Internasional
Dr. Erna Ermawati Chotim, M.Si.

“Pembelajaran daring di Unas yang sudah diimplementasikan yakni adanya kelas onsite dan online per-mata kuliah, video conference, Ujian Tengah Semester online pada minggu ke 8 baik e-paper atau vlog presentasi, evaluasi akhir semester onsite di minggu ke 16, pemberian tugas I dan II maupun mandiri dan kelompok yang diberikan secara online maupun onsite, dan aktivitas 1 minggu online untuk kelas reguler atau karyawan,” tuturnya. 

Erna berharap, kegiatan ini dapat memberikan masukan dari Dikti terkait proses pembelajaran daring, sehingga dapat terciptanya pembelajaran yang efektif. “Mudah-mudahan kegiatan ini dapat menjadi acuan bagi kita dan memastikan bahwa pembelajaran di Unas dapat berlangsung secara efektif seusai dengan kebijakan dari Dikti,” tutupnya. 

Hadir sebagai narasumber, Sub Koordinator Pembelajaran Khusus Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Dikti, Yulita Priyoningsih mengatakan, saat ini perguruan tinggi tengah digencarkan dengan  metode pembelajaran daring. Oleh sebab itu, perlu adanya penyelarasan teknis pembelajaran daring antar perguruan tinggi agar terciptanya pembelajaran yang baik dan lancar. 

Ia mengatakan, hal itu berdasarkan Keputusan Bersama 4 Menteri Nomor 01/KB/2020 tanggal 15 Juni 2020  tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19). 

Yulita melanjutkan, terdapat beberapa indikator penjaminan mutu dalam pembelajaran daring yakni dukungan institusi, kegiatan pembelajaran, proses pengembangan mata kuliah, dukungan untuk dosen dan mahasiswa, serta penilaian dan evaluasi. 

“Sementara itu penjaminan mutu implementasi pembelajaran daring juga terdiri dari materi ajar yang berkualitas, kualitas tugas yang diberikan kepada peserta didik yang relevan dan kontekstual, kualitas bahan diskusi dapat memicu kreativitas dan aktivitas peserta didik, serta kualitas tes yang revelan dan sesuai dengan prinsip test obyektif,” katanya. 

Baca Juga :   Universitas Nasional Raih Bintang 4 pada QS Stars University Ratings

Dilakukan secara onsite, kegiatan ini juga diisi dengan penyampaian materi mengenai pembelajaran daring dari tim SPADA yakni Anggoro Suryo Pramudyo dan Agus Sumantri. Turut hadir dalam kegiatan ini para kepala dan staff dari BAA, BPSI, SPA Online, dan BPM. (NIS)

Berita Terbaru
Berita

Pernyataan Sikap Pimpinan UNAS

HUBUNGAN MASYARAKAT UNIVERSITAS NASIONAL Jl. Sawo Manila No. 61, Pejaten Pasar Minggu Jakarta Selatan 12520   Siaran Pers                    No.040/MPR/SP/IV/2024   Menyikapi

Read More »

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!