Unas Lolos Jadi Finalis PTS Unggulan 2013

Kategori unggulan yang dipresentasikan meliputi Pembelajaran dan Tata Kelola.

JAKARTA (UNAS) – Universitas Nasional (Unas) berhasil lolos menjadi finalis Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Unggulan Tingkat Kopertis Wilayah III Jakarta. Hal ini disampaikan Koordinator Kopertis Wilayah III, Prof. Dr. Ilza Mayuni, M.A dalam surat nomor 365/K3/KL/2013 perihal presentasi finalis PTS Unggulan, yang diterima Unas, Kamis (5/12).

Dalam surat tersebut, Unas diundang untuk mempresentasikan keunggulannya di Kopertis yang berlokasi di bilangan Cawang Jakarta Timur, pada Sabtu (7/12). Kategori yang dipresentasikan meliputi Pembelajaran dan Tata Kelola.

”Alhamdulillah, kita lolos ke tahap selanjutnya dalam pemilihan PTS Unggulan Tingkat Kopertis Wilayah III. Unas diminta mempresentasikan keunggulan yang dimiliki yang diperkaya dengan fakta dan informasi yang ditemukan dalam verifikasi borang sebelumnya,” ungkap Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Moch. Rum Alim, S.E., M.Si, kepada humas, Jumat (6/12).

Untuk itu, Unas akan mengirimkan dua perwakilannya untuk menghadiri undangan tersebut. Kedua orang itu adalah Wakil Rektor Bidang Keuangan, Umum dan SDM, Dr. Drs. Eko Sugiyanto, M.Si dan Kepala Badan Penjaminan Mutu, Eddy Guridno, SE., M.Si.M.

Sebelum lolos sebagai finalis, Unas melalui proses seleksi yang cukup ketat. Salah seorang juri pemilihan PTS Unggulan Tingkat Kopertis Wilayah III, Prof. Dr. Muljani A. Nurhadi, M.Ed., Ms., Ed.D dari Universitas Indraprasta PGRI mengungkapkan Kopertis Wilayah III melakukan lima tahap penyeleksian, mulai dari seleksi dokumen yang dilihat dari laporan EPSBED (Evaluasi Program Studi Berbasis Evaluasi Diri), pengiriman borang kualitatif dan kuantitatif yang disyaratkan oleh Kopertis Wilayah III hingga Desk Evaluation. Jika lolos semua tahap tersebut, PTS maju ke tahap selanjutnya yaitu finalisasi dengan mempresentasikan keunggulan-keunggulannya di Kopertis.

Dari 349 PTS yang ada di Jakarta, Unas menjadi salah satu dari delapan (8) Universitas yang terpilih sebagai calon PTS Unggulan Tingkat Kopertis Wilayah III Jakarta Tahun 2013 dan diverifikasi oleh tim juri. Verifikasi pemilihan Perguruan Tinggi Swasta Tingkat Kopertis Wilayah III Tahun 2013 telah digelar Selasa (3/12). Dalam tahapan verifikasi, Unas dinilai oleh tim juri yang terdiri dari Prof. Dr. Muljani A. Nurhadi, M.Ed., Ms., Ed.D dari Universitas Indraprasta PGRI dan Prof. Dr. Ir. Sulistyoweni Widanarko, DipISE, SKM dari Universitas Indonesia.

Pemilihan PTS Unggulan 2013 yang sedang dilakukan oleh Kopertis Wilayah III Jakarta merupakan wujud apresiasi dan penghargaan kepada PTS yang telah secara luar biasa melakukan usaha pengembangan dan peningkatan kualitas penyelenggaraan tridarma perguruan tinggi untuk peningkatan mutu lulusan pendidikan tinggi.