UNAS Fasilitasi Pelaksanaan dan Pengawasan OSN Jakarta Selatan

JAKARTA (UNAS) – Universitas Nasional (UNAS) bekerjasama dengan Suku Dinas Pendidikan (SUDINDIK) Kota Administrasi Wilayah I Jakarta Selatan memfasilitasi pelaksanaan dan pengawasan kegiatan Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2019 ditingkat SMA, pada Rabu (27/2). UNAS menyiapkan 28 ruang kelas ujian dan pengawas untuk kegiatan tersebut. Selain itu, sebagai bentuk Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Nasional juga mengadakan pelatihan E-learning Google Classroom untuk guru-guru pembimbing siswa OSN.

“Kami memilih UNAS sebagai tempat ujian karena kami sudah pernah bekerjasama dengan UNAS sebelumnya. Fasilitas di UNAS juga memadai seperti ruang kelas yang lengkap dan lahan parkir yang luas sehingga dapat menampung sekitar 670 peserta OSN,” ujar Kepala Suku Dinas Pendidikan Wilayah I Jakarta Selatan, Joko Sugiarto seusai pelaksanaan OSN. 

Ia menuturkan, saat ini sekolah-sekolah masih melangsungkan kegiatan belajar mengajar seperti biasa sehingga diperlukan tempat diluar sekolah untuk memfasilitasi OSN. Selain tempat yang dapat menampung banyak peserta, tempat tersebut juga harus strategis sehingga mudah dijangkau oleh peserta OSN.

“UNAS ini sudah dikenal lama, dan lokasinya juga strategis di Jakarta Selatan sehingga sangat efektif untuk dijadikan tempat ujian bagi peserta OSN. Kami berharap untuk kedepannya bisa memberikan dampak yang baik bagi UNAS sehingga UNAS mudah dikenal oleh masyarakat,” tuturnya.

Tidak hanya memfasilitasi siswa OSN, Universitas Nasional juga memberikan materi pelatihan untuk guru berupa pelatihan e-learning google classroom kepada guru pendamping guna meningkatkan pembimbingan siswa OSN.  Kegiatan ini merupakan bentuk kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilakukan oleh dosen-dosen Universitas Nasional, yang pada kesempatan kali ini digawangi oleh Dekan Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika (FTKI), Dr. Ucuk Darusalam, S.T., M.T dan dosen FTKI Benrahman B.Sc., SKom., MM.Si. 

Baca Juga :   Sambut dan Kenalkan Prodi Kepada Mahasiswa Baru, Himakom Unas Kembali Selenggarakan OKK

Materi pelatihan memang dipilih dengan cermat, mengingat saat ini telah memasuki era revolusi 4.0. Wakil Rektor Bidang Akademik UNAS, Prof. Dr. Iskandar Fitri, S.T., M.T dalam sambutannya mengatakan, saat ini UNAS mengedepankan sistem pembelajaran blended learning yakni pembelajaran berbasis online. Hal ini juga disebabkan dengan adanya perkembangan revolusi industri 4.0 dimana sistem pembelajaran dituntut untuk berbasis teknologi.

Oleh karena itu, UNAS ingin membagi ilmu tentang cara untuk mengoptimalkan aplikasi andoid untuk melakukan pembimbingan kepada siswa OSN melalui google classroom yang sangat bermanfaat bagi pembelajaran guru dan murid. Dengan adanya teknologi ini, siswa siswi tidak perlu berinteraksi secara tatap muka dengan guru tetapi hanya melalui akun google masing-masing untuk dapat mengerjakan tugas. 

“Sekarang semuanya hampir based on digital jadi nggak ada jarak dan waktu juga untuk belajar. Kapanpun, dimanapun, dengan google classroom ini guru dan siswa dapat mengakses pembelajaran dan berinteraksi secara cepat dan efektif, terutama dalam pembimbingan siswa OSN,” jelas Iskandar.

Sementara itu, salah satu guru pembimbing, Heni Purwaningsih mengatakan, dengan adanya pelatihan google classroom dapat memudahkan guru dan juga siswa untuk melakukan proses pembelajaran yang terbaru, tidak hanya di kelas melainkan melalui sistem online. “Mereka bisa mengakses materi dari guru melalui google classroom itu, kapanpun di manapun bisa dibawa kemana-mana soft copynya jadi lebih mudah buat mereka,” jelas guru dari SMAN 47 Jakarta itu. Heni berharap, dengan adanya hal ini dapat meningkatkan semangat belajar siswanya sehingga bisa lolos seleksi OSN dan melanjutkan ke tahap provinsi hingga nasional mendatang. 

Kegiatan OSN 2019 ini serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia. UNAS merupakan salah satu kampus yang memfasilitasi tempat ujian tersebut. Adapun mata pelajaran yang diujian pada OSN ini ialah astronomi, kebumian, geografi, komputer, ekonomi, biologi, kimia, fisika, dan matematika.(*NIS)

Baca Juga :   Seminar Nasional Pertanian UNAS diikuti Peserta dari Aceh Hingga Papua
Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!