Tingkatkan Skill Menulis Karya Ilmiah, FTKI Gelar Pelatihan Penggunaan Mendeley

Jakarta (UNAS)- Penulisan ilmiah merupakan bagian terpenting dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, untuk mendukung Penulisan ilmiah yang dilakukan berdasarkan sumber kepustakaan sebagai sumber rujukan (sitasi), Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan kegiatan sosialisasi penggunaan aplikasi Mendeley pada hari Selasa, tanggal 25 Mei 2021, pukul 11.00-13.00 yang diikuti oleh Mahasiswa Tugas Akhir serta Dosen Pembimbing Tugas Akhir. Penggunaan aplikasi Mendeley disampaikan oleh Ben Rahman, S.Kom, MMSI.

Dalam ulasannya, Ben Rahman, S.Kom, MMSI menjelaskan bahwa pentingnya menggunakan aplikasi Mendeley yaitu untuk memperkaya dan mempermudah mahasiswa dalam menulis daftar Pustaka. “ Perlu diberikan pelatihan melalui aplikasi Mendeley,  untuk memperkaya sumber referensi riset hasil penelitian sesuai dengan prosedur pengutipan dan sitasi yang benar dan sesuai sebagai daftar Pustaka ” , jelasnya.

Mendeley merupakan program aplikasi berdiri sendiri untuk mengelola kepustakaan dan mengembangkan jejaring sosial akademik yang bermanfaat untuk mengelola kepustakaan, saling berbagi kepustakaan secara online, dan mencari kepustakaan terkini, selain itu Mendeley merupakan piranti lunak yang memiliki kemampuan dalam mengolah database ilmiah berupa e-journal, e-book dan referensi lainnya  fungsinya sebagai library yang disertai dengan kemampuan digunakan sebagai pengolah daftar pustaka dalam penyusunan karya tulis ilmiah.

Dalam pelatihan ini, peserta dibimbing secara intensif mulai dari proses pendaftaran akun, instalasi aplikasi Mendeley Desktop, pengelolaan referensi ilmiah, hingga sitasi dan bibliografi menggunakan Mendeley melalui aplikasi zoom.

Ia berharap agar pelatihan Mendeley bisa mempermudah mahasiswa khususnya FTKI untuk menuliskan daftar Pustaka dan menghindarkan terjadinya plagiat dalam penulisan. “ Dari pemberian materi yang berkaitan dengan aplikasi Mendeley dalam proses penulisan Artikel Ilmiah, maka sitasi kini dapat dilakukan secara otomatis sehingga tidak perlu mengetik daftar pustaka secara manual dan dengan penggunaan aplikasi mendeley peneliti dapat berkolaborasi dan melakukan sharing data penelitian, kerapian sitasi pada penulisan ilmiah serta menghindarkan terjadinya plagiat dari jurnal atau penulisan ilmiah ”, paparnya. (*TIN)

Baca Juga :   Pelatihan Mahasiswa Sebagai Duta Gerakan Perubahan Perilaku

 

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!