Semarakkan Dies Natalis UNAS ke 72, Fakultas Pertanian Berikan Kuliah Umum Giat Bekerja

Jakarta (UNAS) – Bulan Oktober menjadi bulan istimewa untuk Universitas Nasional, pasalnya pada bulan ini Universitas merayakan Hari Jadinya pada tanggal 15 Oktober. Tahun ini UNAS memasuki usia 72 Tahun. Menyemarakkan Dies Natalis Universitas Nasional, Fakultas Pertanian mengadakan Kuliah Umum pada (29/9).

Dengan tema “ Mengapa Orang Jepang Rajin Bekerja” Dekan Fakultas Pertanian Unas, Ir. Inkorena G.S. Sukartono, M.Agr., mengatakan kegiatan ini merupakan rangkaian dari perayaan dies natalis Unas yang ke 72 tahun dan menginginkan mahasiswa Fakultas Pertanian mencontoh spirit dan semangat orang Jepang dalam bekerja. “ Ini adalah sesuatu yang menginspirasi mahasiswa yang mulai pada tahun ajaran ini bisa mencontoh spirit dan semangat orang Jepang untuk lebih giat bekerja, ” paparya.

Kuliah Umum Fakultas Pertanian mengundang narasumber dari Jepang yaitu Hirosi Ohe Dosen tamu dari Universitas Hollywod dan menghadirkan Oku Nobuyuki PT. Industrial Support Service Indonesia (ISSI) sebagai penerjemah.

Dalam materinya, Hirosi Ohe menyampaikan bahwa pada zaman dahulu orang Jepang tidak begitu rajin namun mereka terdorong untuk maju seperti Eropa dan Amerika. “ Pada zaman dahulu orang Jepang tidak begitu rajin dan tidak bisa menabung jadi kalau ada uang hari ini ya habis hari ini juga tidak memikirkan untuk besok itu terjadi sekitar tahun 1860, tetapi pada zaman setelah restorasi Meiji orang Jepang dianggap rajin,”  jelasnya.

Ia juga menceritakan bahwa selama menuju negeri maju, pemerintah Jepang sering memberikan perintah untuk menghemat dan bekerja keras. “ Pemerintah Jepang sering memberikan perintah untuk menghemat dan bekerja keras dan rajin adalah hal yang paling utama. Lalu orang Jepang terdorong untuk harus secepatnya mengejar dan mencapai kedudukan yang sama dengan negara-negara Barat. Untuk itu diperlukan usaha serius dari rakyat, ” tambah Hirosi.

Kuliah umum yang di moderatori oleh ketua Pusat Pemberdayaan Masyarakat UNAS/ Dosen FAPERTA Ir. Etty Hesthiati, M.Si. di laksanakan secara daring dan turut hadir Ketua Pelaksana Perayaan Dies Natalis Dr. Tatang Mitra Setia, M.Si.

Tatang  berharap mahasiswa bisa mengambil filosofi yang ada pada orang Jepang. “ Yang paling penting adalah memahami dan mempraktikkan filosofi tentang mengapa orang Jepang rajin  bekerja dan bekerja tidak harus kerja berat tetapi semata-mata untuk kemajuan, ” tuturnya dalam sambutan.(*TIN)