Rektor: UNAS CUP VI 2012, Bukan Sekedar Asah Hard-Skill Semata

unascup
Diharapkan akan lahir dan tumbuh generasi yang utuh dan tidak hanya menguasai keterampilan ilmu pengetahuan saja, melainkan juga menguasai bakat lain yang telah dikarunai oleh Tuhan YME.
 
Jakarta (UNAS) – Kejuaraan nasional terbuka karate yang digelar oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Unit Beladiri Karate (UBK) Universitas Nasional rupanya memberikan arti tersendiri bagi Rektor Unas, Drs. El Amry Bermawi Putera, MA. Bagaimana tidak, menurut El Amry, turnamen ini tidak hanya menekankan kepada peningkatan dan pengoptimalan hard-skill saja, akan tetapi juga memberikan peluang kepada upaya eksploitasi soft-skill para mahasiswa dan peserta lainnya dengan menggali serta menetaskan potensi bakat keterampilan yang terpendam dalam diri para pemuda Indonesia.

Lebih jauh, dalam sambutannya dalam pembukaan UNAS CUP VI 2012 yang diselenggarakan di Gelanggang Olahraga Remaja (GOR) Internasional Ciracas – Jakarta Timur pada Jum’at (23/11), El Amry mengutarakan bahwa dari kegiatan besar ini dapat dikayuh manfaat dari tiga perspektif yang berbeda. “Ada manfaat utama yang bisa kita peroleh dari ajang ini, baik dari perspektif pembangunan manusia seutuhnya, perspektif pada program pembangunan olah raga nasional, maupun perspektif pendidikan kesehatan jasmani,” papar El Amry.

Dari perspektif pertama, yakni pembangunan manusia seutuhnya, UNAS CUP VI 2012 tersebut diharapkan akan lahir dan tumbuh generasi yang utuh dan tidak hanya menguasai keterampilan ilmu pengetahuan saja, melainkan juga menguasai bakat lain yang telah dikarunai oleh Tuhan YME. Sementara itu, manfaat dari perspektif kedua, kegiatan semacam ini tentunya akan melahirkan karateka – karateka nasional terbaik yang kelak dapat mengharumkan nama bangsa di kancah kejuaraan – kejuaraan karate Internasional, dan terakhir dari perspektif pendidikan kesehatan jasmani, turnamen nasional yang digelar oleh UBK diharapkan dapat menjadi sarana untuk memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat sehingga terbentuk masyarakat yang sehat secara jasmani dan rohani.

“Dapat terlihat banyak manfaat dan harapan besar yang nantinya terlahir dari ajang ini, oleh karena itu mari kita bertanding dengan penuh semangat yang jujur, dengan menjunjung sportifitas dalam meraih prestasi dan hasil yang maksimal,” imbuh El Amry.

Pada kesempatan yang sama, atlet pelatnas Indonesia yang sempat menyandang peringkat dua pada pra PON Batam, Ridi Okwar mengungkapkan bahwa seni beladiri karate secara efektif mampu mengaktifkan fungsi otak kanan dan kiri manusia secara seimbang. “Saat kita berlatih dan memperdalam dunia karate, kita tidak hanya memakai otak kanan saja, tapi juga diseimbangkan dengan otak kiri sehingga keduanya dapat difungsikan dengan baik,” papar Ridi. (Herlina, A.Md.)

 
Baca Juga :   “Menuai Keberkahan di Bulan Kemenangan”, HIMASASING Unas Gelar Bakti Sosial Ramadan dan Santunan Yatim
 
Berita Terbaru
Berita

Pernyataan Sikap Pimpinan UNAS

HUBUNGAN MASYARAKAT UNIVERSITAS NASIONAL Jl. Sawo Manila No. 61, Pejaten Pasar Minggu Jakarta Selatan 12520   Siaran Pers                    No.040/MPR/SP/IV/2024   Menyikapi

Read More »

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!