Raih peringkat sebagai kluster utama kinerja penelitian,UNAS bertekad untuk bekerja lebih keras lagi

Jakarta UNAS – UNAS menerima piagam penghargaan atas prestasinya mencapai klaster utama pada pemeringkatan perguruan tinggi berbasis kinerja penelitian tahun 2019. Pemeringkatan ini berdasarkan empat komponen yang terdiri atas: sumber daya penelitian, manajemen penelitian, iuran atau output, revenue generating. Pemberian penghargaan ini berdasarkan surat keputusan Dirjen Penguatan Risbang nomor B/5678/E1.2/H.M.00.03/2019. Penghargaan ini diterima oleh Universitas Nasional lewat Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Keuangan, dan SDM Prof. Dr. Drs. Eko Sugiyanto. M.Si, pada hari Senin, 2 Desember 2019 di hotel Bidakara. Sertifikat diberikan oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) saat acara Rapat Evaluasi Kinerja Tridharma Perguruan Tinggi Tahun 2019 dan Penyampaian Komitmen Kinerja Tahun 2020.

Ditemui di tempat terpisah, Wakil Rektor Bidang Penelitian, Prof. Dr. Ernawati Sinaga menyampaikan rasa syukurnya karena UNAS masih mampu mempertahankan peringkat kinerja penelitian yang diraihnya sejak tiga tahun lalu. “Alhamdulillah, kita masih di kluster utama, tidak turun tetapi artinya kita harus bekerja lebih keras lagi supaya bisa meningkat ke kluster yang lebih tinggi lagi seperti teman-teman kita yang hebat itu.” Ketika ditanyakan mengenai tekad untuk lebih maju. “Iya, insya Allah.”

Kluster universitas berdasarkan kinerja penelitian terbagi menjadi empat, yakni: mandiri, utama, madya dan binaan. Adapun, kegiatan evaluasi kinerja ini merupakan tindaklanjut dari pengisian Aplikasi Lumbung Data Perguruan Tinggi yaitu Early Warning System (EWS). Kegiatan terdiri dari paparan pencapaian kinerja Tridharma Perguruan Tinggi yang disampaikan oleh Setditjen Sumberdaya Iptek dan Dikti, Kepala Bagian Perencanaan dan Penganggaran Ditjen SDID Kemenristekdikti, serta Implementasi Pendidikan Anti Korupsi oleh Tim Satgas Pendidikan Tinggi dan Kementerian KPK.

Kegiatan ini mengundang 291 kampus baik negeri maupun swasta di dalam negeri, tidak seluruh Universitas Negeri di wilayah 3, hanya sebagian saja. Sementara, untuk perguruan tinggi swasta yang diundang adalah kampus yang memiliki komitmen kinerja  “Ini adalah tahun kedua, antara LLDIKTI dengan Perguruan Tinggi (swasta) kita sebutnya komitmen kinerja.” Ujar M. Samsuri, plt Kepala lembaga layanan penididikan tinggi dalam sambutannya. Menurut Samsuri, kegiatan ini diadakan sebagai bentuk evaluasi soft power, “kita ingin lebih membiasakan hal-hal yang sifatnya softpower jadi lebih kepada apa yang menjadi target masing-masing perguruan tinggi, kami sifatnya mengetahui.” ujarnya.

Melalui kegiatan tersebut, LLDIKTI berharap Perguruan Tinggi dapat mengisi Komitmen Kinerja Tahun 2020 melalui Aplikasi Lumbung Data Perguruan Tinggi (EWS) paling lambat tanggal 14 Desember 2019, harapan ini dinyatakan melalui surat nomor 078/LL3/TI/2019.