Policy Brief Mengarusutamakan Bioekonomi di Indonesia

Policy Brief Mengarusutamakan Bioekonomi di Indonesia

Indonesia adalah negara maritim yang ditaburi oleh lebih dari 17.000 pulau, terletak di khatulistiwa, bergunung, berlembah, memiliki laut dangkal dan laut dalam, bersuku-suku bangsa, beraneka  ragam  budaya  menjadikan  seluruh  sumber  daya alam yang dimilikinya begitu unik dan sarat dengan potensi bagi pembangunan ekonomi berkelanjutan.

Keanekaragaman hayati baik di tingkat ekosistem, jenis, maupun gen memiliki arti penting sebagai pilar bagi kelangsungan pembangunan ekonomi, kehidupan sosial- budaya, dan menjaga keutuhan lingkungan hidup.

 Konferensi  Tingkat  Tinggi  di  Rio  de  Janeiro  tahun  1992 bersepakat     untuk     melindungi,     memanfaatkan     dan mendapatkan         keuntungan         seadil-adilnya         dari keanekaragaman  hayati  tersebut  dalam  bentuk  Konvensi Keanekaragaman     Hayati     (Convention     on     Biological Diversity, CBD) yang kemudian diratifikasi dengan UU No. 5 Tahun  1994.  Konvensi  ini    menetapkan  3  obyektif  yaitu konservasi,    pemanfaatan    secara    berkelanjutan        dan pembagian kekuntungan dari pemanfaatan keanekaragaman hayati.  Untuk  ketiga  obyektif  ini,  telah  disepakati  pula Protokol Cartagena tentang keamanan hayati (biosafety) dan Protokol   Nagoya   tentang   pembagian   keuntungan   dari pemanfaatan   keanekaragaman   hayati   yang   diratifikasi dengan UU No. 21 Tahun 2004 dan UU No. 11 Tahun 2013.

Namun demikian, kesadaran masyarakat tentang arti pentingnya keanekaragaman hayati masih sangat rendah. Kebijakan dan kegiatan untuk menjadikan keanekaragaman hayati sebagai soko guru pembangunan ekonomi untuk menopang pangan, kesehatan, dan energi masih jauh dari potensi yang terkandung di dalamnya. Sebaliknya, kerusakan lingkungan hidup dan kehilangan keanekaragaman hayati masih terus berlangsung. Deretan potret “menuju kerusakan massif dan punahnya keanekaragaman hayati” masih terjadi dengan dampak negatifnya seperti perubahan iklim, pemanasan suhu bumi, dan bencana alam.

Sementara itu biosain di negara maju mengalami kemajuan sangat pesat. Konvergensi ilmu ini dengan cabang ilmu lain telah mengantarkan keanekaragaman hayati menjadi bagian penting dari kegiatan ekonomi baru (bioekonomi). Berbagai produk baru dikembangkan dari keanekaragaman hayati dan proses ini telah mentransformasi banyak kediatan manufaktur secara luar biasa. Kegiatan bioekonomi di banyak sektor termasuk di sektor pertanian dan kesehatan/farmasi dan industri manufaktur tumbuh dan berkembang sangat cepat.

Baca Juga :   New Normal, Sosiolog UNAS : Upaya Pemerintah Dalam Memutus Rantai Penyebaran Covid-19

Kemitraan strategis pemerintah, akademisi, dan pelaku usaha dalam menghasilkan inovasi yang mengungkap nilai-nilai intrinsik (nilai-nilai yang terkandung dalam keanekaragaman hayati) sangat diperlukan Indonesia. Bioekonomi sarat dengan mata rantai ekonomi dan olehkarenanya mempunyai peluang sangat besar untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan pekerjaan.

Bioekonomi

Indonesia adalah mega biodiversity country. Sebagian besar keanekaragaman hayatinya bersifat endemik atau tidak dimiliki oleh bangsa manapun di dunia. Keanekaragaman hayati dengan keindahan lanskap ekosistem dan ragam budaya menjadi magnet luar biasa untuk melakukan investasi di bidang bioekonomi.

Pesatnya perkembangan biosain termasuk khususnya bioteknologi terbukti mampu meningkatkan nilai tambah keanekaragaman hayti. Nilai yang terkandung di dalam tumbuhan cemara Sumatera (Taxus sumatrana), kulim (Scorodocarpus borniensis), rotan jernang (Daemonorops draco), dan ikan bujuk (Channa lucius) merupakan sedikit contoh jenis keanekaragaman hayati yang potensinya sangat luar biasa dalam pembangunan dan pengembangan industri obat/farmasi di negeri ini (lihat Box).

Keunikan jenis fauna dan flora seperti badak bercula satu, komodo, orang utan, harimau, gajah, tapir, anoa, burung maleo, burung cendrawasih, dan biota laut dipadukan dengan keindahan landskap ekosistem dan keragaman budayanya dipastikan mempunyai daya tarik tersendiri, termasuk di bidang industri pariwisata (ecotourism industries).

Pengarusutamaan Bioekonomi dan Peluang dalam Agenda Pembangunan Nasional

Pengarusutamaan bioekonomi seharusnya menjadi prioritas pembangunan di seluruh sektor pembangunan di Indonesia. Peran pemerintah sebagai regulator dan fasilitator menjadi sangat sentral untuk mendorong berbagai pihak sesuai latar belakang dan kompetensinya untuk mendulang manfaat dan keuntungan sebesar-besarnya dari sumber daya alam khususnya keanekaragaman hayati Indonesia. Pemanfaatan keanekaragaman hayti secara bijaksana dan adil sekaligus dapat diarahkan untuk memberikan kontribusi lebih nyata bagi pencapaian berbagai target Sustainable Development Goals (SDGs).

Upaya pengarusutamaan bioekonomi tersebut harus diimbangi dengan meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat tentang arti pentingnya keanekaragaman hayati. Indonesia juga harus meningkatkan kemampuan sumberdaya manusia untuk menterjemahkan potensi keanekaragaman hayati menjadi wujud yang lebih nyata melalui kegiatan bioekonomi. Pembelajaran tentang keanekaragaman hayati dari tingkat Pendidikan paling dasar hingga Perguruan Tinggi di Indonesia memerlukan inovasi terus menerus agar keanekaragaman hayati tidak lagi bersifat abstrak.

Baca Juga :   Webinar Manajemen : Pelaku Bisnis Didorong Melakukan Pemasaran Bisnis Melalui Digital Di Masa New Normal

Bioekonomi dapat dijadikan soko guru untuk mendukung agenda pembangunan nasional berkelanjutan.

Seruan (call to action)

  1. Diperlukan peraturan perundangan yang lebih implementatif untuk memperkuat kelembagaan pengelolaan keanekaragaman hayati berdasar UU 5 Tahun 1994, UU No. 21 Tahun 2004, UU No. 11 Tahun 2013 dan peraturan perundangan lain yang terkait, sehingga upaya pelestarian, dan pemanfaatan secara berkelanjutan untuk mendulang keuntungan sebesar- besarnya bagi kemakmuran seluruh rakyat Indonesia dapat diwujudkan;
  1. Diperlukan investasi untuk meningkatkan kapasitas riset, transisi bioinvensi dari laboratorium ke pasar, proses translasi serta regulasi yang dapat memperkokoh fondasi bioekonomi;

 

  1. Membangun koalisi lintas sektor di pemerintahan dalam seluruh tingkatan dan memperluas jejaring para pihak yang berkepentingan mengaktivasi aturan yang sudah ada (Indonesian Biodiversity Action Plan/IBSAP), dan memformulasikan kebijakan termasuk merevisi peraturan perundangan untuk menghilangkan kendala-kendala yang tidak perlu;

 

  1. Membuat program yang dapat membuka peluang untuk mendapatkan keuntungan, manfaat sosial, ekonomi dan menjaga keutuhan lingkungan hidup antara lain melalui pelaksanaan konsep Cagar Biosfer sebagai model pembangunan berkelanjutan;
  1. Mengaitkan agenda implementasi Indonesian Biodiversity Action Plan, IBSAP dengan anggaran APBN dan skema pendanaan lain seperti sukuk hijau, ecological fiscal trans- fer dan dana-dana yang dihimpun oleh Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPDLH), skema pendanaan pihak swasta untuk kegiatan khusus seperti bio- prospeksi, pengembangan pangan fungsional, bioenergy initiative.

 

  1. Meningkatkan kemampuan untuk memahami niliai in- trinsik (nilai yang terkandung di dalam keanekaragaman hayati) dan mengoptimalkan pemanfaatan kemajuan biosains dan bioteknologi bagi kepentingan pem- bangunan ekonomi nasional dan kepentingan umat manusia;
  1. Meningkatkan kemampuan sumber daya manusia, per- baikan mendasar mulai dari sistem pendidikan dan mate- ri ajar biologi dari tingkat Sekolah paling dasar sampai ke Perguruan Tinggi serta memperkuat infrastruktur riset;

 

  1. Penerapan dan penegakan hukum, penguatan kelem- bagaan, perluasan jejaring, dan dukungan pendanaan menjadi kunci penentu mengarusutamakan bioekonomi dan percepatan pencapaian target pembangunan berkelanjutan
Baca Juga :   SEKJEN KPPRI AJAK MAHASISWA UNAS UNTUK IKUT MENDORONG PENGESAHAN RUU PKS

Ucapan terimakasih

Policy  Brief  ini  merupakan  inti  sari  dari  penyelenggaraan Workshop Nasional Bioekonomi di Jakarta pada tahun 2019 yang   diselenggarakan   oleh   Akademi   Ilmu   Pengetahuan Indonesia  (AIPI)   bekerjasama  dengan  Universitas  Nasional (UNAS).  Ucapan  terima  kasih  secara  tulus  disampaikan kepada Yayasan KEHATI dan para mitra atas dukungan moril maupun finansial sehingga Workshop dapat berjalan dengan lancar  dan  sukses.  Kepada  seluruh  peserta,  kami  haturkan terimakasih dan penghargaan atas kontribusinya.

Daftar Pustaka

Kartika R, Barus, R Surbakti, and P  Simanjuntak. 2012.

Structure characterization of alkaloid scorodocarpines deriva- tive from fruits of Scorodocarpus borneensis Becc (Olacaceae). Asian Journal of Chemistry.26, 18, 6047-6049.

Maxan M, and E Robin. 2012. National Bioeconomy Blueprint Released. (https://obamawhitehouse.archieves. gov/

blog/2012/26/national-bieconomy-blueprint-released

Shen YC, SS Wang, YL Pan,  KL Lo, R Chakraborty, CT Chen, YH  Kuo, and YC Lin. 2002. New Taxane Diterpenoids from the Leaves and Twigs of Taxus sumatranaJournal of Natural Product.  65, 12, 1848–1852.

Sinaga  E,  S  Suprihatin,  and  F  Istiqomah.  2019.  Efektivitas Suplementasi Ekstrak Daging Ikan Bujuk (Channa lucius) da- lam Mempercepat Penyembuhan Luka Diabetik. Majalah Far- masetika, 4, Supplement 1, 195-200.

Sinaga E, S Suprihatin, and N Saribanon. 2019. Ikan marga Channa, Potensinya sebagai Bahan Nutrasetikal. Unas Press. Jakarta.

Sri Purwantia SW, T Wahyuniab, and I Batubara. 2020. Anti- oxidant  Activity  of  Daemonorops  draco  Resin.  Jurnal  Kimia Sains dan Aplikasi. 22, 5, 179-183.

Sukara E. 2014. Tropical Forest Biodiversity to provide food, health, and energy solution of the rapid growth of modern society. Procedia Environment Sciences, 20, 803 – 808

Sukara E, P Lisdyanti, H Yamamura, JY Park, Y Kuribara, N Sukarno., W Sjamsuridzal, K Ando, and Y Widyastuti. 2009. Potential  of  the  Wallacea  Biodiversity  in  Bioprospecting  – Honoring the Past – Celebrating the Future. Berita IPTEK. 47, 1, 9– 18.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!