Pengabdian Masyarakat Dosen UNAS di Cirebon

Dokumentasi Pengabdian Masyarakat di Kantor Kuwu Desa kedondong
 
 
Menanam tanaman kedondong di Desa Kedondong Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon untuk dijadikan Icon Desa Kedondong. Tanamannya bisa sebagai tanaman obat, konservasi dan buahnya dengan kandungan gizi yang baik untuk kesehatan, dapat diolah menjadi jus, manisan, dan dikembangkan untuk komersial

Selain itu juga dilakukan penyuluhan di Desa Cipanas yang merupakan desa tetangga Desa Kedondong. Penyuluhan tentang tanaman obat terutama dari golongan Zingiberaceae seperti jahe, kencur, kunyit dll,dan tanaman obat lain seperti tanaman Binahong. Serta tim dosen pengabdian masyarakat Universitas Nasional juga melakukan aksi dengan memberikan bibit langsung ke masyarakat Desa Kedondong untuk bibit tanaman kedondong dan bibit tanaman obat Desa Cipanas.

“Kegiatan Pengabdian dihadiri oleh bapak Kuwu dari Desa Kedondong yaitu, Bapak Jaenudin, dan Penyuluhan di hadiri oleh Bapak Kuwu dari Desa Cipanas yaitu, Bapak Banu Rengga.Kegiatan ini disambut antusias dari masyarakat karena banyaknya pertanyaan untuk cara memanfaatkan dan menumbuhkan tanaman obat dan kedondong”. Ujar Ibu Yarni sebagai Tim Pengabdian.

Tim Dosen Pengabdian Masyarakat yang ikut untuk Pengabdian Masyarakat yaitu, Ir. Yenisbar M.Si. dari Fakultas Pertanian, Dra. Yarni M.Kes dan Dra. Suprihatin M.Si. dari Fakultas Ilmu Kesehatan, Dra. Endang Wahyuningsih M.Si dan Muhammad Ismail Adha sebagai Mahasiswa dari Fakultas Biologi.
“Kegiatan pengabdian ini merupakan lanjutan dari kegiatan penelitian bulan November tahun lalu (2014), saat itu di lakukan survey dan pengamatan pemanfaatan tanaman selama kehamilan dan paska melahirkan oleh Dra. Yarni M.Si dan Hunting Jenis Avifauna oleh Kristana P. Makur dan Muhammad Ismail Adha”, ujar Ibu Yarni. (Muhammad Ismail Adha)