Tingkatkan Kualitas Publikasi Ilmiah, LLDIKTI Tunjuk UNAS Sebagai Host Konsorsium

Jakarta (UNAS) – Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah III memberikan kepercayaan kepada Universitas Nasional sebagai host dari Konsorsium Publikasi Ilmiah Bidang Ilmu Alam & Ilmu Sosial.

Hal ini disepakati dengan penandatanganan naskah Perjanjian Kerjasama yang dilakukan oleh Kepala LLDikti Wilayah III, Prof. Dr. Agus Setyo Budi, M.Sc. bersama dengan Rektor Universitas Nasional, Dr. Drs. El Amry Beramawi Putera, M.A. Pelaksanakaannya dilakukan pada hari Selasa (23/2) bertempat di Aula Nusantara, Fakultas Hukum Universitas Pancasila.

Konsorsium ini sebagai bentuk inisiatif kerjasama yang diinisiasi oleh LLDikti Wilayah III karena dirasa perlu meningkatkan publikasi ilmiah bagi mahasiswa dan dosen. Selain itu, perlu adanya dukungan sarana untuk civitas akademika mempresentasikan hasil-hasil penelitian, serta disadari juga dengan adanya kolaborasi antar universitas diharapkan dapat saling belajar dan saling mendukung.

Dr. Ir. Nonon Saribanon, M.Si.

Dr. Ir. Nonon Saribanon, M.Si. selaku Anggota Konsorsium Publikasi Ilmiah Bidang Ilmu Alam menyampaikan, “sarana ini bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa pascasarjana untuk memenuhi kewajiban mereka sebelum ujian. Kita juga berharap calon-calon lulusan S1 bisa mengembangkan skill-nya di dalam forum yang lebih besar”.

Peran Universitas Nasional pada Konsorsium Publikasi Ilmiah Bidang Ilmu Alam yakni Rektor Universitas Nasional,Dr. Drs. El Amry Bermawi Putera, M.A. selaku Ketua Konsorsium, Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Prof. Dr. Ernawati Sinaga, M.S., Apt. Selaku Sekretaris Konsorsium, dan Ketua Lembaga Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), Dr. Ir.Nonon Saribanon, M.Si selaku Anggota Konsorsium.

Kegiatan pertama yang direncanakan yaitu seminar nasional dengan tema “Konservasi Sumber Daya Hayati untuk Pembangunan Berkelanjutan” yang rencananya akan diselenggarakan sekitar bulan Juni/Juli 2021.

Selanjutnya direncanakan pula kegiatan conference international dengan tema “1st International Conference on Natural Science, Enginering, and Technology” yang rencananya diselenggarakan sekitar bulan  Oktober 2021.

Dari seminar dan conference yang akan dilaksanakan, nantinya panitia konsorsium akan menjembatani presentasi artikel untuk masuk ke jurnal-jurnal yang sesuai dengan kualitas artikel tersebut. Sehingga diharapkan semua ada publikasi dan dengan kesempatan seperti ini seluruh mahasiswa dan dosen bisa memanfaatkannya untuk publikasi ilmiah.

“Biasanya seminar atau conference yang menyediakan konsultasi untuk jurnal tidak banyak, tapi kita akan ada tim yang juga berkolaborasi dengan jurnal bereputasi untuk menyeleksi artikel yang layak untuk masuk,” ujar Nonon saat diwawancarai melalui aplikasi zoom meeting pada Sabtu (27/2).

Saat ini panitia konsorsium sudah dalam tahap penyusunan media promosi kegiatan sehingga mahasiswa dan dosen akan mudah memperoleh informasi mengenai kegiatan yang akan diselenggarakan ini. “Kolaborasi ini bisa jadi sarana untuk meningkatkan kualitas semuanya yang pertama dari suasana akademik yang semakin terbangun, yang kedua publikasi ilmiah yang semakin banyak dan berkualitas,” harapnya. (*ARS)