Mahasiswi FEB UNAS, Juara Harapan 1 Duta Genre DKI Jakarta

Jakarta (UNAS) – Mahasiswi program studi manajemen fakultas ekonomi dan bisnis Universitas Nasional (Unas), Yulia Dwi Rahmawati berhasil meraih prestasi dalam ajang pemilihan Duta GenRe (Generasi Berencana) yang diselenggarakan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Duta GenRe merupakan duta yang memiliki tanggung jawab untuk mensosialisasikan program BKKBN kepada remaja dan masyarakat luas dalam menghindari TRIAD KRR (TIga Ancaman dalam Reproduksi Remaja) yaitu Seks Bebas, Pernikahan Dini dan Napza selain itu untuk menggerakan program dua anak cukup dan mengayomi PIK (Pusat Informasi Konseling).

Dalam keterangannya, Yulia mengatakan bahwa motivasinya mengikuti lomba duta genre ini untuk menurunkan angka resiko Triad Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR) yaitu Seksualitas (sex pranikah), HIV/ AIDS dan penyalahgunaan obat-obatan terlarang. Menurutnya, hal tersebut merupakan masalah besar yang ada lingkungan remaja.

 “Jadi ada tiga masalah besar remaja di Indonesia saat ini yaitu, penyalahgunaan Napza, seks pranikah, dan pernikahan dini. Dan duta genre ini terfokus ke masalah tersebut serta bertugas memberikan edukasi untuk menekan angka permasalahan itu,” ujarnya saat dihubungi tim Humas Unas pada Kamis, (5/11) di Jakarta.

Ia menambahkan bahwa pemilihan duta genre bukan ajang untuk menunjukkan kehebatan dan berhenti sampai di nobatkan menjadi pemenang. “Namun bagaimana duta ini bisa memberikan edukasi ke remaja dan kontribusi kepada masyarakat selama menjabat jadi duta dalam setahun,” ungkap nya.

Selama mengikuti duta genre, Yulia harus menjalani karantina selama kurang lebih 1 bulan yang dilaksanakan secara online dan offline. Dalam proses karantina, Yulia dibekali materi tentang genre, public speaking, bahasa asing, kesehatan reproduksi, grooming, pengetahuan umum, dan mengikuti Focus Group Discussion.

Terkait dengan persiapan dalam mengikuti lomba duta genre ini, Ia menyebut membekali diri dengan pengetahuan tentang genre, berlatih public speaking, dan rajin mengupdate informasi.

Baca Juga :   Workshop Mengembangkan Ekosistem Kolaborasi untuk Pembangunan Berkelanjutan dalam Rangka Dies Natalis ke 73 Universitas Nasional: Sinergi untuk Masa Depan Gemilang

Setelah mengikuti pemilihan duta genre, Yulia bertekad menjalankan tugas sebagai duta genre yaitu mengedukasi remaja sebaya untuk menjauhi TRIAD KRR. “Aku bakal membuka  Komunikasi, informasi, dan edukasi (KIE) di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) atau di sekolah. Tapi untuk sekarang, kegiatan KIE nya lewat sosial media karena masih dalam masa pandemi,” tuturnya. (*DMS)

 

Berita Terbaru
Berita

Pernyataan Sikap Pimpinan UNAS

HUBUNGAN MASYARAKAT UNIVERSITAS NASIONAL Jl. Sawo Manila No. 61, Pejaten Pasar Minggu Jakarta Selatan 12520   Siaran Pers                    No.040/MPR/SP/IV/2024   Menyikapi

Read More »

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!