Mahasiswi Administrasi Publik Juara 2 Lomba TikTok Challenge Tingkat Nasional

Jakarta (Unas) – Platform video musik TikTok kembali membawa prestasi bagi generasi muda. Halimah Nur Rahmawati, seorang mahasiswi Program Studi Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Nasional (FISIP Unas), berhasil meraih juara 2 dalam lomba TikTok Challenge Tingkat Nasional.

Dalam video berdurasi 1 menit 18 detik itu, Halimah mengajak generasi muda untuk tetap produktif melalui media sosial dalam edukasi perbankan syariah. “Sekarang ini platform TikTok sedang trend di kalangan anak muda, dan sayang sekali jika platform ini tidak dimanfaatkan untuk mengedukasi orang banyak,” ujarnya saat diwawancarai oleh Humas Unas via sambungan telepon, Senin (7/12).

Halimah menuturkan, kondisi pandemi Covid-19 ini juga membuat masyarakat banyak mengakses informasi lewat media sosial. Oleh sebab itu, memanfaatkan platform dengan baik dan bijak merupakan hal yang harus dilakukan oleh pengguna media sosial.

“Melalui platform TikTok yang sedang banyak digandrungi ini, saya berpikir bagaimana caranya kita bisa lebih produktif dan mengedukasi dengan cara yang menarik, unik, dan pastinya seru,” lanjutnya.

Ia berharap, teknologi yang semakin pesat dapat terus dimanfaatkan dengan barbagai cara yang sesuai dengan perkembangan jaman. “Jadi pada dasarnya TikTok ini tidak hanya sebagai hiburan saja, tapi juga bisa mengedukasi,” tambah Halimah.

Produktif Dalam Edukasi Perbankan Syariah Melalui Medsos

Disinggung mengenai tema yang diangkat, perempuan berjilbab itu menuturkan, hidup di jaman modern sekarang sangat sulit untuk menghindari jasa layanan bank. Menurutnya, kontroversi mengenai riba dan bunga bank masih menjadi momok tersendiri di kalangan masyarakat.

“Oleh sebab itu, sekarang ini terdapat layanan perbankan syariah yang langsung diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS) dengan memiliki karakteritik bank yang transpraran, universal, maslahat, variatif adil, dan seimbang. Jadi masyarakat tidak perlu takut dengan persoalan riba,” jelas mahasiswi angkatan 2019 itu.

Video tersebut di unggah di aplikasi instagram dan TikTok @halimahnrhmwt. Adapun kegiatan ini diselenggarakan oleh Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarata yang bekerja sama dengan Asosiasi Bank Syariah Indonesia (ASBISINDO) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 31 Oktober sampai 2 Desember 2020. Berkat kemenangannya, Halimah mendapatkan hadiah berupa sertifikat dan sejumlah uang tunai.(NIS)