Mahasiswa Prodi Sastra Inggris Lakukan Praktik Mengajar Gunakan Three Period Lesson

Sastra Inggris Praktik Mengajar

Jakarta (UNAS) – Praktek Mengajar merupakan kegiatan dimana mahasiswa ikut terlibat langsung dalam proses belajar mengajar dengan tujuan agar mahasiswa memperoleh pengalaman secara langsung. Mahasiswa Fakultas Bahasa dan Sastra Prodi Sastra Inggris yang mengambil Mata Kuliah English for Children atau sekarang disebut dengan Teaching for Specific Purposes melakukan kegiatan Praktik Mengajar di sekolah dan yayasan yang ada disekitar lingkungan kampus Universitas Nasional dan pemukiman mahasiswa.

Dalam ulasannya, Dosen pengampu matakuliah Intan Firdaus, S.S., M.Hum., menyampaikan bahwa kegiatan praktek mengajar adalah bentuk dari Ujian Akhir Semester. “Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk dari hasil Ujian Akhir mahasiswa setelah mengikuti pembelajaran selama satu semester.  Mahasiswa/i yang mengambil Mata Kuliah ini mulai dari semester 4 hingga semester 6 karena ini adalah Mata Kuliah Pilihan. Teori dan praktek yang sudah disampaikan oleh dosen pengampu dikembangkan sendiri oleh mahasiswa secara berkelompok, ” jelasnya.

Pada kegiatan praktek mengajar, mahasiswa diharuskan untuk mengajar selama dua pekan. Ia juga menjelaskan pada kegiatan tersebut mahasiswa yang terbagi ke dalam 23 kelompok melakukan praktek mengajar kemudian mahasiswa dibimbing dalam pembuatan lesson plan, penentuan teknik dan media pengajaran yang digunakan. “Setelah dibimbing dalam pembuatan lesson plan, Ujian Praktek berlangsung dari tanggal 2 Agustus sampai tanggal 23 Agustus 2021, ” tambah Intan.

Dosen Prodi Sastra Inggris tersebut juga menerangkan tentang metode yang ia pakai dalam menerapkan kegiatan praktek mengajar. “Kegiatan Praktek Mengajar mahasiswa Prodi Sastra Inggris menggunakan metode Three Period Lesson Lesson yang ada di Filosofi Montessori Method, Total Physical Response, dan Fun learning, ”terangnya.

Ia juga menyampaikan dalam kegiatan praktek mengajar sangat diterima oleh setiap mitra baik sekolah maupun Yayasan di lingkungan kampus Universitas Nasional. “Adapun tanggapan yang diterima oleh setiap Mitra sangat positif, Mitra menyarankan agar kegiatan ini terus berlangsung karena sangat membantu Mitra, ”paparnya

Baca Juga :   UNAS Lahirkan Guru Besar Dalam Bidang Sosiologi

Pada kesempatan ini imbuhnya, Program Studi Sastra Inggris pun akan terus memotivasi dan memfasilitasi dosen dan mahasiswa menjalankan praktek mengajar ini sebagai bentuk komitmen dalam menciptakan lulusan yang memiliki keterampilan bahasa dan pengajaran bahasa serta kepedulian terhadap masyarakat. (*TIN)

 

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!