Mahasiswa Hubungan Internasional UNAS Ikuti Pelatihan Table Manner

JAKARTA – Mahasiswa-mahasiswi Program Studi Hubungan Internasional Universitas Nasional (HI UNAS) mengikuti pelatihan table manner di Lumire Hotel, Jakarta, pada Sabtu (1/12). Pelatihan ini merupakan bagian dari program tahunan Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional (HIMAHI) UNAS dan bertujuan agar mahasiswa HI dapat belajar mengenai sikap dan tata cara makan yang baik saat jamuan makan. 

“Kami dari HIMAHI ingin memberikan edukasi, dan wadah kepada mahasiswa HI UNAS untuk belajar tata cara makan yang baik pada acara formal. Terlebih jika mereka berada di suatu lembaga dan mengikuti acara penting saat penjamuan makan dengan petinggi-petinggi,” ujar ketua pelaksana kegiatan ini, Haura Athaya yang juga anggota dari HIMAHI. 

Pada kegiatan wajib ini, lanjut Haura, mahasiswa diajarkan bagaimana aturan internasional makan yang benar dan bagaimana cara bersikap dalam menghadiri acara resmi. Selain itu, mahasiswa juga diajarkan berbagai macam jenis peralatan makan yang berbeda-beda sesuai dengan menu yang dihidangkan. “Jadi letak posisi sendok, garpu, dan pisau, itu semua ada urutan-urutannya, mereka diajarkan,” imbuhnya. 

Sementara itu, menurut Sales and Marketing Food and Beverages Lumire Hotel, Widodo Santoso, selain mendapat pengetahuan tata cara makan, mahasiswa juga diajari jenis makanan apa saja yang akan dihidangkan dalam penjamuan makan malam secara resmi. Antara lain hidangan pembuka (appetizer), hidangan utama (main course), dan hidangan penutup (dessert). 

“Jadi mahasiswa ini diajarkan dari mulai penampilan saat menghadiri table manner,  posisi duduk, penggunaan serbet, tata cara makan hidangan-hidangan, dan sampai pada apa saja yang harus diperhatikan dan yang tidak boleh dilakukan saat makan,” jelasnya. 

Selain table manner, mahasiswa juga mengikuti hotel tour untuk mengetahui berbagai fasilitas yang ada di hotel. Mahasiswa tersebut diajak melihat restaurant and bar, front office, room, food and beverages, coffee shop, dan yang lainnya. 

“Mereka juga diajak mengelilingi hotel sambil dijelaskan beberapa fasilitas dari hotel pada umumnya sehingga ini juga bisa menambah pengetahuan mereka tentang perhotelan, pariwisata, agar saat mengikuti kegiatan besar lainnya mereka sudah bisa memahami,” tambah Widodo. 

Menurut Katmin, Restore Manager Lumire Hotel, table manner pertama kali dikembangkan di negara Eropa dan Amerika, dan biasanya dilakukan oleh kalangan bangsawan, professional, dan pengusaha. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian acara Short Diplomatic Course yang diadakan oleh HIMAHI pada 30 November 2018.(*NIS)