Mahasiswa FTKI Unas Turut Serta Dalam Aruba Lympics 2020

Jakarta (Unas) – Mahasiswa Fakultas Teknologi, Komunikasi, dan Informatika (FTKI) Universitas Nasional (Unas) turut serta dalam Aruba Lympics 2020, pada 3-17 Agustus 2020. Ialah Denis Taslim, Muhammad Arya Darmawan, Rifky Syaifulloh, dan M. Rafiq Zayana. Mereka merupakan mahasiswa prodi Informatika yang menjadi perwakilan Unas dan DKI Jakarta dalam event tersebut.

Dilansir dari arubalympics.id, Aruba Lympics adalah sebuah inisiatif kolektif yang diprakarsai oleh Aruba, Aptikom, dan Ekoji Academy sebagai bagian dari program link-and-match antara perguruan tinggi dan dunia industri berbasis e-learning dan e-competition. Dengan tema bahasan ‘The Intelligence Campus Network 4.0’, Aruba memberikan beaiswa kepada 500 kampus informatika untuk mengikuti pelatihan berbasis e-learning.

Diwawancarai oleh Humas Unas, M. Rafiq Zayana mengatakan, selama event tersebut para mahasiswa digali pengetahuannya mengenai teknologi dari produk Aruba yang dilombakan disetiap akhir sesinya. “Selama 9 hari berturut turut kami diberi materi oleh panitia dan dipelajari, setelah itu kami berlomba untuk mengikuti kuis onlinenya melalui live chat dengan waktu yang ditentukan,” ujarnya.

Sistem perlombaannya sendiri, lanjut Rafiq, peserta harus menjawab kuis secara cepat dan memperoleh nilai diatas 65 dari skala 100 agar berhasil lulus dan memperoleh certificate of completion yang dikeluarkan oleh Aruba, Aptikom, dan Ekoji Academy.

Dalam kesempatan yang sama, Muhammad Arya Darmawan mengatakan, persiapan yang dilakukan untuk mengikuti kegiatan ini ialah dengan mempelajari setiap materi yang diberikan, khususnya cara kerja dari perangkat Aruba itu sendiri. “Kami juga harus mengetahui dasar-dasar tentang jaringan komputer dan ini semua yang dipelajari,” jelasnya.

Sementara itu, tambah Arya, topik yang diberikan dalam perlombaan ini meliputi teknologi wifi 6, artificial intelligence pada wireless dan switch, dan juga pertanyaan seputar keamanan jaringan atau network security.

Dihubungi secara terpisah, Rifky Syaifulloh mengatakan, guna meningkatkan poin yang didapat, mahasiswa dibantu oleh dosen pembimbing untuk memikirkan strategi di setiap kuisnya. “Pada hari pertama sampai hari keempat kami masih jawab secara sendiri-sendiri, saat hari kelima sampai hari terakhir kami mulai membuat strategi untuk dapat poin yang tinggi,” ucapnya.

Baca Juga :   Prodi Sosiologi UNAS Gandeng GETI Untuk Meningkatan Kualitas Mutu Lulusan Era 4.0

Menurutnya, perlombaan ini dapat menambah wawasan tentang teknologi terkini serta menambah jaringan pertemanan dari luar daerah mengingat event tersebut terbuka di seluruh provinsi di Indonesia.

Senada dengan hal tersebut, Denis Taslim mengungkapkan, melalui kegiatan ini mahasiswa dapat lebih aktif di kegiatan positif dan bisa meningkatkan ilmu pengetahuan di bidang information technology (IT).

“Di samping mengadakan perlombaan, Aruba juga memperkenalkan layanan alat-alat dari Internet terbaru dan menurut saya layanan jaringan seperti ini sangat dipakai dalam masa pandemi. Ini bisa meningkatkan pengetahuan kami mengenai teknologi canggih dan terbarukan dalam dunia internet,” jelasnya.

Selama mengikuti event ini, mahasiswa didampingi oleh 2 dosen FTKI Unas yaitu Benrahman, S.Kom., MMSI. dan R.M. Firzatullah, S.Pd., M.Kom. Para mahasiswa tersebut juga berhasil memperoleh certificate of attendance di bidang topik bahasan terkait yang dikeluarkan secara kolektif oleh Aruba, Aptikom, dan Ekoji Academy.(NIS)

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!