Mahasiswa FH Mengukir Prestasi di Kompetisi Essay Tingkat Nasional

Jakarta (UNAS) – Mahasiswa Universitas Nasional kembali mengukir prestasi di kancah nasional. Prestasi kali ini diraih oleh mahasiswa fakultas hukum Herman Dirgantara yang berhasil meraih juara tiga dalam kompetisi Essay Tingkat Nasional pada acara Sociology Fair 2019 pada Kamis-Jumat (19-20/9) yang di selenggarakan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas.

Melalui sambungan telpon, Herman Dirgantara yang juga merupakan Direktur Eksekutif Gajah Mada Analitika mengatakan, Ia terlebih dulu mengikuti seleksi naskah sebagai babak penentuan final yang diikuti 100 delegasi dari seluruh perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Ia pun harus bersaing dengan 14 delegasi dari perguruan tinggi negeri maupun swasta.

“Saya terpilih dan masuk final, ada sebanyak 14 delegasi di mana saya mewakili UNAS. Dan diundang untuk mengikuti babak final dengan mempresentasikan naskah yg diajukan di Fakultas Ilmu Sosial & Politik, Universitas Andalas, Padang, Sumatera Barat,” katanya.

Ia menambahkan, pada kompetisi ini tema essay yang Ia ambil adalah tentang Sosial-Budaya dengan perspektif hukum dan konstitusi. “Saya mengambil subtema Sosial-Budaya dari tema yg diminta oleh Panitia. Secara spesifik saya mengambil atau berfokus ke Hukum & Konstitusi, di mana saya mengajukan essay dengan judul Pembangunan Budaya Sadar Berkonstitusi dalam Perspektif Kebangsaan di Era Revolusi Industri 4.0,” ucapnya.

Herman juga mengungkapkan bahwa ia termotivasi mengikuti kompetisi ini agar UNAS dapat mengukir prestasi di kancah nasional dan memotivasi mahasiswa lainnya untuk berprestasi di luar. “Sederhana sebetulnya. Pertama, agar universitas nasional lebih berkibar di nasional dalam prestasi. Yang kedua, untuk lebih memotivasi teman-teman di fakultas dan umumnya di universitas agar lebih inisiatif mencari peluang untuk berprestasi, bahwa UNAS itu kampus dengan sejarah dan potensi luar biasa,” tutupnya.

Kompetisi Essay Tingkat Nasional merupakan rangkaian kegiatan dari Sociology Fair 2019 yang juga merupakan acara tahunan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas, Padang. Kompetisi essay ini ditujukan untuk para mahasiswa aktif diseluruh Indonesia mulai dari universitas negeri dan universitas swasta. Pada kompetisi ini, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat keluar sebagai juara 1, Universitas PGRI Adibuana Surabaya Juara 2 dan Universitas Nasional Juara 3. (*DMS)