Magister Biologi Gelar Seminar People-Centered Development Approach

Jakarta (UNAS) – Partisipasi masyarakat merupakan modal utama dalam upaya mencapai sasaran program pemerintah diseluruh wilayah Republik Indonesia. Keberhasilan dalam pencapaian sasaran pelaksanaan program pembangunan bukan semata-mata didasarkan pada kemampuan aparatur pemerintah, tetapi juga berkaitan dengan upaya mewujudkan kemampuan masyarakat untuk berpartisipasi dalam pelaksanaan program pembangunan.

Guna mendukung program pemerintah dalam pembangunan daerah, Sekolah Pascasarjana Magister Biologi Universitas Nasional (UNAS) melakukan penguatan sumber daya manusia dengan keterampilan meneliti dan keterampilan menjadi interpreter tentang potensi alam dan keanekaragaman hayati yang bekerjasama dengan PetroChina di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi.  Hal tersebut dituangkan dalam Seminar People-Centered Development Approach dengan tema “Mendorong Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Daerah” di Menara UNAS Ragunan, Kamis (20/9).

Dalam sambutannya, Manager Communication PetroChina Ginandjar mengatakan bahwa, kegiatan ini merupakan wujud kepedulian perusahaan kepada masyarakat dalam pengembangan potensi daerah. Oleh karena itu, PetroChina menggandeng Lembaga Swadaya Masyarakat serta Perguruan Tinggi untuk bersama-sama mendorong partisipasi Masyarakat dalam pembangunan daerah.

“Kami akan terus membantu masyarakat Tanjung Jabung Barat sehingga tingkat ekonomi dan kesejahteraannya akan lebih baik. Dan Saya mengucapkan terima kasih kepada UNAS yang sudah memfasilitasi acara kami terutama untuk kegiatan CSR. semoga Petrochina bisa bekerjasama dengan UNAS dalam bidang yang lainnya,” Ungkap Ginandjar.

Kabupaten Tanjung Jabung Barat adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jambi, yang memiliki luas wilayah 5.009,82 km² dengan populasi 293.594 jiwa. Kabupaten ini terbagi menjadi 13 kecamatan yang terbagi menjadi 20 kelurahan dan 114 desa. Kabupaten ini merupakan salah satu penghasil kopi yaitu kopi Liberika yang juga sebagai komoditi unggulan. Selain, menggunakan kopi liberika, potensi keanekaragaman hayati akan diberdayakan untuk membangun perekonomian Tanjung Jabung Barat.

“Magister biologi bekerjasama dengan Petrochina dan Indocita untuk program penelitian dan pengabdian masyarakat di Tanjung Jabung Barat. Oleh karena itu, melalui seminar ini kita memaparkan program penelitian dan pengabdian masyarakat yg akan dilaksanakan ke depan,” ucap Kepala Prodi Magister Biologi ,Dr. Tatang Mitra Setia, M.Si.

Ia menambahkan, penelitian dan pengabdian masyarakat yang akan dilakukan di Tanjung Jabung Barat untuk menggali potensi keanekaragaman hayati melalui program ekowisata. Sehingga dapat membantu program pemerintah dalam membangun daerah serta diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Tanjung Jabung Barat.

Dalam seminar ini turut dihadiri Wakil Direktur Sekolah Pascasarjana Dr. Firdaus Syam, M.A., Deputi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat bidang PKM UNAS Dr. Ir. Nonon Saribanon, M.Si., Konsultan Corporate Social Responsibility (CSR) Indocita Karya Global Retno Budi Minulyo M.E. (*DMS)