Lewat Bazar, Mahasiswa UNAS Belajar Berwirausaha

JAKARTA – Ratusan Mahasiswa Universitas Nasional (UNAS) melakukan praktik berwirausaha melalui bazar, pada 3-4 Juli 2018. Bertempat di Selasar UNAS, kegiatan rutin ini merupakan bagian dari praktik ujian akhir semester (UAS) matakuliah kewirausahaan.

Hasil karya maupun produk yang ditawarkan mahasiswa merupakan hasil kreativitas mahasiswa itu sendiri, baik makanan, pakaian, maupun hiasan rumah. Kegiatan wajib ini dilakukan secara berkelompok, dan bertujuan untuk membangkitkan semangat kewirausahaan dijiwa mahasiswa UNAS.

“Bazar ini diharapkan dapat mengekspos kreativitas dan inovasi mahasiswa secara bebas. Mudah-mudahan tidak hanya berhenti disini saja tetapi mahasiswa dapat mengembangkan bisnis mereka diluar menjadi lebih baik,” ujar Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dr. Zainul Djumadin, M.Si. saat membuka bazar, Selasa (3/7)

Ia menambahkan, selain dapat menumbuhkan jiwa wirausaha, kegiatan ini juga dapat menciptakan kemandirian bagi mahasiswa. Zainul berharap mahasiswa UNAS dapat terus berinovasi dan menciptakan peluang bisnis yang besar untuk kedepannya.

Sementara itu, Sofira Shai, mahasiswa program studi Sastra Inggris yang turut serta dalam bazar ini mengungkapkan, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa UNAS mengingat semakin berkembangnya dunia bisnis saat ini.

“Lewat bazar ini kita dapat belajar percaya diri dan mengelola usaha. Sejauh ini masih banyak mahasiswa yang malu-malu buat memulai usaha karena takut rugi, namun itu semua memang wajar saja tinggal bagaimana kita bisa bangkit untuk mendapat keuntungan dari usaha yang kita jalankan,” tuturnya.

Disinggung mengenai praktik usahanya, Sofi berusaha untuk mengurangi penggunaan plastik yang dapat mencemari lingkungan. Menurutnya, langkah ini merupakan hal yang baik mengingat semakin maraknya sampah plastik yang dihasilkan dari prodak makanan.

“Sebisa mungkin sih mengurangi ya. Dan saya rasa itu juga daya tarik jualan kelompok saya,” imbuhnya.  Ia berharap, bazar kewirausahaan bagi mahasiswa UNAS dapat terus dilanjutkan, sehingga dapat terciptanya mahasiswa yang berani untuk berwirausaha.(*NIS)