KONTES KANJI 2012 ASAH KEMAMPUAN BAHASA JEPANG

Ratusan Siswa SMA/SMK dan mahasiswa Universitas Se-Jabodetabek, beramai-ramai datang ke Universitas Nasional (23/9) untuk berkompetisi di acara Kontes Kanji Jepang
 
JAKARTA (UNAS) ? Ratusan Siswa SMA/SMK dan mahasiswa Universitas Se-Jabodetabek, beramai-ramai datang ke Universitas Nasional (23/9) untuk berkompetisi di acara Kontes Kanji Jepang. Acara ini merupakan kegiatan rutin Pusat Pengkajian Jepang (PPJ) dan Program Studi Bahasa dan Sastra Jepang Universitas Nasional yang bekerja sama dengan PT Mandom Indonesia Tbk.

Sejumlah hadiah berupa piala, piagam serta gadget seperti netbook dan handphone menjadi incaran para peserta. Tahun ini 446 peserta berjuang keras untuk menjadi juara. Kontes Kanji ini dibagi menjadi dua kategori yaitu kategori SMA/SMK sederajat serta kategori mahasiswa dan umum.

Sebanyak 323 peserta yang berasal dari kalangan SMA/SMK saling berpacu untuk memperebutkan posisi juara. Tak kurang dari belasan bahkan puluhan peserta dari SMAN 2 Depok, SMKN 57 Jakarta, SMAN 4 Tangerang, SMAN 6 Bekasi, SMAN 5 Bogor serta peserta dari sekolah-sekolah lainnya telah mempersiapkan diri mereka jauh-jauh hari.

Persaingan ketat juga terjadi di kategori mahasiswa dan umum. Sebanyak 143 peserta berasal dari kalangan universitas yang memiliki program studi Bahasa Jepang seperti UHAMKA, STBA LIA, Universitas Pakuan, Universitas Darmapersada, Universitas Negeri Jakarta, STBA Cipto Hadipranoto, Universitas Bina Nusantara serta mahasiswa Unas, beradu kemampuan dalam mengenal dan menulis huruf-huruf kanji Jepang.

?Memang tak mudah memahami Bahasa Jepang, karena bahasanya mempunyai karakteristik huruf tersendiri. Maka dari itu kami mengadakan Kontes Kanji ini untuk mengasah kemampuan siswa yang mempelajari Bahasa Jepang,? ungkap Ketua Program Studi Bahasa dan Sastra Jepang Ucu Fadhilah M.Hum.

Hal senada juga diungkapkan oleh Presiden Direktur PT Mandom Indonesia Tbk. Takeshi Hibi yang berkunjung ke Unas, Minggu (23/9). Takeshi berharap dengan Kontes Kanji ini siswa yang mempelajari Bahasa Jepang dapat mengenal lebih dalam tentang Bahasa Jepang melalui huruf-huruf Kanji.

Diakhir acara, panitia mengumumkan para pemenang Kontes Kanji 2012. Di kategori mahasiswa dan umum, tampil sebagai Juara I, Nur Istikomah dari STBA LIA, Juara II direbut oleh Tuti Alawiyah dari UNJ dan Ilham Prasetya dari Unas berhasil meraih Juara III. Sedangkan Juara Harapan I diraih oleh Daswin Satyadi Abimanyu dari Unas, dan posisi Juara Harapan II diduduki oleh Hendry mahasiswa Binus.

Sementara itu untuk kategori SMA dan sederajat, keluar sebagai juara I Yoshi Izzuddin Azhar (SMAN 2 Depok), juara II Zakia Shahiza (SMAN 5 Bogor) dan Juara III direbut oleh Feny Oktaviany (SMKN 8 Jakarta), Juara Harapan I diraih oleh Rivaldy Yudistira (SMKN 53 Jakarta), dan Juara Harapan II adalah Ichtiarsyah Suminar (SMAN 4 Tangerang Selatan).

Pada acara tersebut peserta juga disuguhi pengalaman menarik tentang negeri Sakura. Daswin dan Arga yang tercatat sebagai mahasiswa aktif Bahasa Jepang Unas bercerita tentang keunikan negeri tersebut. Setiap tahun Unas mengirimkan dua mahasiswa ke kota Sakai sebagai Duta Sipil (Minkan Taishi). Daswin merupakan alumni program tersebut tahun lalu, sedangkan Arga dan Fitria akan berangkat ke Kota Sakai akhir September ini. Dengan pengalaman tersebut mereka berharap semua orang yang belajar Bahasa Jepang bertambah semangat dalam mengenal lebih jauh tentang Budaya dan Bahasa Jepang. (Fiqi Syach)