Kepala LLDIKTI Wilayah III, Tunjuk UNAS sebagai Host Konsorsium Bidang Ilmu Alam dan Sosial

Jakarta (UNAS) Universitas Nasional mendapat kepercayaan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III (LL-Dikti III) sebagai host konsorsium publikasi ilmiah bidang ilmu alam dan ilmu sosial.

Melalui konsorsium ini pula, disepakati adanya Perjanjian Kerjasama dengan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III sebagai pelaksanaan dari Permendikbud No. 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan Permendikbud No 34 Tahun 2020 tentang Organisasi dan Tata Kelola LLDIKTI.

Foto Bersama Rektor Universitas Nasional Dr. El Amry Bermawi Putera, MA dan Kepala LLDIKTI wilayah III Prof. Dr. Agus Setyo Budi, M.Sc saat penandatanggan kerjasama.

Penandatanganan Perjanjian Kerjasama dilaksanakan di Aula Nusantara, Fakultas Hukum Universitas Pancasila, pada tanggal 23 Februari 2021. Dalam pidatonya, Kepala LLDIKTI Wilayah III, Prof. Dr. Agus Setyo Budi, M.Sc., menyampaikan “ bahwa kerjasama ini dilaksanakan untuk memfasilitasi mahasiswa dan dosen dalam melakukan publikasi karya ilmiah dari 11 Bidang Ilmu”.

Selain itu, kerjasama juga ditujukan untuk memperluas akses, sekaligus meningkatkan mutu publikasi karya ilmiah. Dan untuk meningkatkan kolaborasi, kerjasama dan transfer knowledge antar perguruan tinggi.

Dalam Konsorsium ini, Universitas Nasional merupakan host yang akan terlibat secara langsung dalam kegiatan pengembangan Bidang Ilmu Alam bersama dengan  Universitas Al-Azhar Indonesia dan Universitas Pelita Harapan sebagai anggota.

Kegiatan pertama yang direncanakan adalah penyelenggaraan Seminar Konservasi Sumberdaya Hayati untuk Pembangunan Berkelanjutan, yang berskala nasional dan rencananya akan diselenggarakan pada tanggal 22 Juni 2021.

Tak hanya itu, rencanakan kegiatan lain yang berskala internasional dalam bentuk 1st International Conference on Natural Science, Engineering, and Technology. Kegiatan yang direncanakan pada bulan Oktober 2021.

Dan Universitas Nasional juga ditunjuk sebagai host dalam publikasi ilmiah pengembangan Bidang Ilmu Sosial bersama dengan beberapa kampus besar antara lain, Universitas Bakrie, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Universitas Kristen Indonesia, Universitas Pelita Harapan, Universitas Prof. Dr. Moestopo dan Universitas Bina Nusantara.

Tak sampai disitu saja, Universitas Nasional juga akan terlibat dalam pengembangan Bidang Ilmu Sosial Terapan bersama dengan Institut STIAMI, Universitas Prof. Dr. Moestopo dan Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Dalam bentuk kegiata adalah penyelenggaraan semintar Transformasi Digital, Intervensi Pelayanan Publik & Kesejahteraan di Era New Normal. Yang pelaksananya  pada bulan Mei 2021.

Untuk Bidang Ilmu Bisnis, Universitas Nasional dilibat bersama konsorsium dalam penyelenggaraan seminar Reinventing The Business Concepts and Strategies in Rra of and post of Covid-19: The Roles of Business Higher Education. Rencananya kegiatan akan digelar pada bulan Juni 2021 dengan skala nasional dan internasional.

Sebagai tahap awal, Perjanjian Kerjasama Universitas Nasional dengan LLDikti Wilayah III direalisasikan dalam bentuk penandatanganan naskah perjanjian yang dilaksanakan oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III, Prof. Dr. Agus Setyo Budi, M.Sc. bersama dengan Rektor Universitas Nasional, Dr. Drs.El Amry Bermawi Putera, MA.(*)