Kabag Belmawa LLDIKTI III: Sekarang dunia berubah

Jakarta, UNAS – “Sekarang dunia berubah” ujar Drs. Imam Yuwono, MM Kepala bagian Akademik dan Kemahasiswaan Lembaga Layanan pendidikan Tinggi (LLDIKTI) III ketika memulai paparannya di acara Coaching clininc Program Kreativtias Mahasiwa (PKM) 2020 di ruang seminar Universitas Nasional pada 14 Desember 2019. Pria berkaca mata ini menyampaikan bahwa saat ini, ada tiga aspek yang dituntut dari  mahasiswa yakni karakter, kreativtias, dan link. Ini berbeda dari era lalu yang hanya sebatas melihat Indeks Prestasi (IP).

Imam menilai, unas tak hanya mendidik mahasiswa nya untuk menjadi pandai, melainkan lebih dari itu , “Unas tidak hanya mendidik orang menjadi pinter (Pintar) tetapi pinter pinter menjadi orang” ujarnya. Ia mengingatkan bahwa unas merupakan kampus yang sudah sangat senior “Unas adalah perguruan yang sangat senior”, ungkapnya. Mengingat senioritas unas, Ia mendorong agar para mahasiswa lebih aktif lagi terlibat dalam kegiatan PKM, “kalau orang lain bisa, kenapa ngga bisa?” tanyanya retorif dihadapan para dosen dari lintas studi dan puluhan mahasiwa yang hadir menyimak paparannya.

Kegiatan ini diinisiasi oleh Biro Kemahasiswaan Universitas Nasional. Harapannya, kegiatan ini dapat membuka pemahaman, dan pandangan yang lebih luas di kalangan civitas akademika Universitas Nasional, “Kami berharap pak imam bisa memberikan pemahaman, pandangan, kiat-kiat untuk menulis dan meraih atau lulus hibah.” Ujar kepala biromawa, Kamaruddin Salim, S.Sos., M.Si.

Coaching clinic ini mendapat respon positif dari mahasiswa, paparan materi terjadi secara interaktif mahasiswa terlihat aktif bertanya pada pemateri. “Lebih kebuka mau bikin apa, makalahnya apa udah jelas, udah ada bayangan, kemarin tuh masih bingung maunya gimana. Kalau dari sini lebih ngerti.” Ujar Ellisa Risa, Sosiologi Universitas Mahasiwa. Sementara itu, Herry Krisnandi, SE., MM., salah satu dosen yang hadir dalam acara ini menyampaikan apresiasinya atas antusasime mahasiwa “Jelas, PKM ini kan sudah lama ya dari beberapa tahun itu pesertanya sangat sedikit, tapi tahun ini luar biasa. Jadi, saya merasa mahasiswa sekarang itu sangat antusias sekali dengan masalah kreativitas ini.” Ujarnya.

Adapun, perihal PKM terdapat 8 skema, yakni : (1) Penelitian, (2) Gagasan tertulis, (3) Artikel ilmiah, (4) Pengabdian Masyarakat, (5) Karas Cipta, (6) Penerapan Teknologi, (7) Kewirausahaan, dan (8) Gagasan Futuristik Konstruktif.