Jual Hutan Tanpa Tebang Pohon, Bisa ?

Jakarta- (UNAS)- Ini sebuah pertanyaan yang membuat kita bertanya, emang ada hasil hutan lain selain pohon ? Ir. Wiratno, M.Sc,  selaku Direktur Jenderal Konservasi dan Sumber Daya Alam dan Ekosistem memparkan kondisi yang sekarang di wilayah konservasi, bahwa banyak para perambah liar, pemburu dan illegal logging yang mengubah pola pikirnya untuk menjual hutan tanpa merusak atau mengurangi jumlah hewannya.

Mereka semua secara sukarela memperbaik pola mata pencariannya dengan mengangkat potensi hutan yang ada dimana mereka tinggal. Seperti yang Wiratno paparkan dalam makalahnya diseminar internasional 70 Tahun Universitas Nasional, “bahwa ketertarikan masyarakat dalam menciptakan hutan yang alami sekarang cukup baik, mereka sudah mampu menjual hutan tanpa harus menebang kayu. Dengan cara apa? Mereka kami latih untuk mengangkat potensi hutan yang ada, misalnya membuat wisata edukasi tentang gajah yang ada wilayah Sumatra. Para wisatan atau turis yang datang ingin sekali melihat prilaku mamalia besar itu di alam bebas”.

Pada Seminar Internasional yang dibuat oleh Universitas Nasional (29/10)  Wiratno mengajak para Mahasiswa tidak hanya kuliah di kelas tapi juga di hutan, Dirjen ini juga memberikan peluang bagi Mahasiswa pada saat libur semester untuk mau hidup di hutan, agar mereka tau bagaimana rasanya di hutan itu dan mampu memberikan  ide kreatifnya untuk hutan kita.

Di kesempatan terakhir Wiratno memberikan buku konservasi kepada pimpinan UNAS yang yaitu Dr. Drs. Zainul Djumadin, M.Si – Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan. Wiratno juga berterima kasih kenapa UNAS atas acara Seminar Internasional ini, karena dengan kegiatan seperti ini lah anak muda bisa mengetahui permasalah yang ada di lapangan, dan UNAS sebagai lembaga pendidikan yang banyak memiliki lulusan yang menjadi aktivis lingkungan di Indonesia. (AAP)

Baca Juga :   Demi Mewujudkan Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan dan Konservasi Alam Indonesia, WWF-Indonesia Jalin Kerjasama dengan Universitas Nasional

 

Berita Terbaru
Berita

Pernyataan Sikap Pimpinan UNAS

HUBUNGAN MASYARAKAT UNIVERSITAS NASIONAL Jl. Sawo Manila No. 61, Pejaten Pasar Minggu Jakarta Selatan 12520   Siaran Pers                    No.040/MPR/SP/IV/2024   Menyikapi

Read More »

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!