Hari Raya Idul Adha, UNAS Lakukan Pemotongan Qurban Di Tengah Pandemi

Jakarta (UNAS) – Dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Adha 1441 H Universitas Nasional melaksanakan pemotongan hewan qurban di tengah pandemi covid-19. Kegiatan pemotongan hewan qurban rutin dilaksanakan setiap tahun dengan melibatkan civitas akademika Universitas Nasional.

“Alhamdulillah setiap tahun Universitas Nasional selalu menyelenggarakan pemotongan hewan qurban meskipun saat pandemi,” kata Ketua Pelaksana Pemotongan Hewan Qurban Universitas Nasional Mahruf, S.H., M.H. di Masjid Sutan Takdir Alisjahbana, Jumat, (31/7).

Dalam pemotongan hewan qurban ini, Universitas Nasional memotong tiga ekor sapi dan empat ekor kambing. Dua ekor sapi dan tiga ekor dipotong di kampus pusat pejaten sedangkan satu ekor sapi dan satu ekor kambing dipotong di kampus pusat laboratorium bambu kuning.

“Memang ini kegiatan rutin yang sangat bermanfaat untuk masyarakat dan bagian dari sumbangsih besar pimpinan Yayasan Memajukan Ilmu dan Kebudayaan serta Universitas Nasional yang sudah menjadi komitmen pimpinan untuk setiap tahun berqurban,” ujarnya.

Mahruf juga mengatakan bahwa mekanisme dalam pembagian qurban yaitu dengan kupon yang  sehari sebelumnya diberikan kepada masyarakat disekitar lingkungan Universitas Nasional serta para staf dan karyawan. Ia mengaku Universitas Nasional membagikan hampir 350 kupon hewan qurban.

“Teknis dalam pembagian daging qurban kita membuat kupon dua hari sebelum pemotongan kemudian kupon dibagikan satu hari sebelum pelaksanaan lalu dihitung dengan jumlah hewan qurbannya dan berapa kupon yang layak untuk dibagikan ke warga sekitar dan hampir 350 kupon lebih yang dibagikan/salurkan kepada masyarakat,” ucapnya.

Ia pun berharap dengan dilaksanakannya kegiatan ini, Universitas Nasional  menjadi bertambah maju. “Dengan berqurban seperti apa yang disampaikan tausiah, ceramah atau khutbah yang disampaikan bahwa makna dari berqurban itu kan mengorbankan apa yang kita miliki apa yang kita sayangi tapi dibalik itu ada keberkahan yang luar biasa yang Allah berikan kepada kita dan berharap dengan qurban yang diberikan Unas dan YMIK mudah-mudahan Unas semakin tambah makmur, semakin tambah maju dan tentunya berkah untuk dosen dan karyawan,” ungkap Mahruf yang juga dosen Fakultas Hukum Universitas Nasional.

Selain melaksanakan pemotongan hewan qurban, Universitas Nasional juga mengadakan sholat Idul Adha di Masjid Sutan Takdir Alisjahbana dengan menerapkan protokol kesehatan. Sholat Idul Adha juga diikuti oleh Rektor Universitas Nasional Dr. El Amry Bermawi Putera, M.A., dosen, staf, serta masyarakat sekitar. (*DMS)