Gandeng Panasonic ITCOMM, FTS Adakan Seminar Nasional

Jakarta (UNAS) – Bertempat diruang aula lantai 4 Universitas Nasional (UNAS), Fakultas Teknik Dan Sains ( FTS ) bekerjasama dengan Panasonic Itcomm menyelenggarakan acara Seminar Nasional Bertajuk “Perkembangan Teknologi PBX Seiring dengan Kemajuan Informasi dan Telekomunikasi” pada Selasa (10/4). Acara yang dibuka oleh Dekan Fakultas Teknik Dan Sains  Basori,ST.,MT turut mengundang para pembicara diantaranya Customer Service Advisor Panasonic, Kaname Mizokami dan Head Of Engineer & Head Of Platform BU, Chairuddin, S.T.

Dalam sambutannya Dekan Fakultas Teknik Dan Sains  Basori,ST.,MT mengatakan, pelaksanaan seminar teknologi berbasis keahlian telekomunikasi sangatlah tepat. Hal ini untuk menjawab sekian persoalan utama bagaimana membangun budaya informasi masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, perlunya memperkenalkan dan mengetahui bagaimana memanfaatkan teknologi PBX pada era perkembangan teknologi.

Hal senada disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dr. Zainul Djumadin, M.Si. dalam sambutannya bahwa hampir semua teknologi Informasi sudah semakin berkembang dan butuh ide-ide dan terobosan baru dari mahasiswa guna mengikuti perkembangan trend informasi yang terus berkembang. “Saya harap, Mahasiswa UNAS dapat memanfaatkan seminar ini sebagai ajang untuk menciptakan ide-ide dan terobosan guna mengikuti perkembangan trend informasi yang terus berkembang,”ujar Zainul  

PBX (private branch exchange) adalah alat penyambung (Switch) untuk melayani pertukaran telepon secara efisien dan efektif yang dilayani oleh pusat di dalam suatu perusahaan dan menjadi penghubung antara telepon dari publik ke telepon perusahaan atau jaringan telepon dari perusahaan ke anak perusahaan lainnya di area yang lebih luas atau untuk publik.

Dalam paparannya, Kaname Mizokami menjelaskan, PBX selain menjadi penghubung internal dan external di suatu perusaahan, PBX ini dapat menjaga koneksi atau sambungan selama menggunakan telepon sehingga mengurangi noise pada saat telepon. Selain itu PBX juga menyediakan informasi untuk kepentingan akuntansi dengan menampilkan durasi panggilan atau metering call.

“PBX memberikan kemudahan yang sangat berarti bagi perusahaan diantaranya adalah mengakomodasi Peak Call Volume dan kemudahan dalam penambahan ekstensi telepon tanpa membutuhkan sistem yang baru,” imbuhnya. Ia menambahkan, PBX dapat meningkatkan produktivitas dengan kelancaran komunikasi, dan stabilitas koneksi antara perusahaan dengan vendor atau pihak lain.

Sementara menurut Chairuddin, S.T. teknologi berbasis telekomunikasi yang sudah menganut PBX dapat mengganti jaringan yang sudah ada seperti Local Area Network (LAN), Metropolitan Area Network (MAN) dan Wide Area Network (WAN). Lanjutnya, dikarenakan jaringan tersebut sudah lama dan digantikan dengan alat yang canggih seiring dengan perkembangan teknologi.

“Alat penyambung yang sudah ada bisa saja digantikan oleh PBX ini seiring dengan kemudahan-kemudahan yang di tawarkan dan dapat meningkatkan kinerja perusahaan dalam berkomunikasi baik didalam maupun di luar perusahaan,” katanya. (*DMS).