Gandeng KCK, LPPM UNAS Selenggarakan Pelatihan Dasar Komunikasi & Community Development

  Jakarta (UNAS) – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) bekerjasama dengan Karya Cita Konsultindo (KCK) menyelenggarakan Pelatihan Dasar Komunikasi & Community Development. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut kerjasama antara Universitas Nasional dengan Indocita Group.

“Ini merupakan kelanjutan Indocita kerjasama dengan Unas baik penelitian jadi ini adalah kegiatan implementasi kedua instansi tersebut” ujar Ketua LPPM Dr. Ir. Nonon Saribanon, M.Si. dalam Pelatihan Dasar Komunikasi & Community Development, di Jakarta, Selasa, (19/5).

Ia menambahkan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan tentang komunikasi sosial dan praktik pengembangan masyarakat. Pelatihan yang di ikuti dosen, peneliti, dan mahasiswa ini membahas bagaimana pemberdayaan masyarakat dari hulu hingga hilir.

“Kemudian bagaimana kita melakukan komunikasi yang baik dan efektif dan juga bagaimana kita melakukan dalam hal pemetaan, apa yang dibutuhkan masyarakat, apa potensinya sehingga bisa dimanfaatkan, sehingga program yang kita jalan kan berjalan dengan baik Kemudian jangan dilupakan juga exit program yang terkadang kita lupa dan salah satu kuncinya evalusi yaitu monev harus partisipatif,” jelas Nonon.

Lebih lanjut, Nonon menyatakan bahwa setelah pelatihan ini terdapat tindak lanjut yang akan dilakukan antara UNAS dan Indocita. “Karena sudah ada MoU antara UNAS dengan Indocita Group (salah satunya KCK), maka pelatihan ini dapat berlanjut ke arah kerjasama penelitian yang relevan dan program pendampingan masyarakat,” ucapnya.

Karya Cita Konsultindo merupakan bagian dari line bisnis Indocita Karya Global, secara profesional ingin turut mendorong dan menfasilitasi program CSR agar dapat berjalan secara efektif, partisipatif dan berkelanjutan menuju CSR Excellence.

Dalam kegiatan ini diisi oleh pemaparan materi oleh Perwakilan Karya Cita Konsultindo (KCK). Presentasi materi dibagi dua sesi dengan masing masing dua pembicara. Pembicara di sesi pertama di isi oleh Hendra Samsuri, S.Hut., M.A. dengan materi Community Development & CSR dan Happy Azmi, S.Sos. dengan materi Komunikasi & Relasi Sosial. Sementara untuk sesi kedua di isi oleh Bayu Swastika, S.Sos. dengan materi Anasilis Sosial (Ansos) dan Safrida, S.Sos., M.A. dengan materi Monitoring & Evaluasi (Monev).

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Prof. Dr. Ernawati Sinaga, M.S., Apt. mengapresiasi kegiatan Pelatihan Dasar Komunikasi & Community Development yang di inisiasi oleh LPPM UNAS dan Karya Cita Konsultindo (KCK).

“Saya berterima kasih kepada UNAS dan KCK atas gagasan untuk kegiatan seperti ini. Saya juga berterima kasih kepada dosen dan mahasiswa UNAS yang telah bergabung dengan pelatihan webinar ini mudah mudahan acara ini bermanfaat bagi masyarakat banyak dan kepada kita semua,” katanya.(*DMS)