Gali Wawasan Ilmu Akuntansi kepada Generasi Muda, HIMAKSI Unas Kembali Adakan Unas Accounting Fair 2021

Jakarta (Unas) – Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi (HIMAKSI) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Nasional (Unas) kembali adakan Unas Accounting Fair (UNAF) 2021 yang berlangsung pada tanggal 21, 23, 25, dan 27 Agustus 2021. Kegiatan rutin ini bertujuan untuk menggali wawasan ilmu akuntansi kepada generasi muda.

Ketua Program Studi Akuntansi FEB Unas, Dr. Bambang Subiyanto, S.E.,M.Ak, CPA. mengatakan, UNAF 2021 pada awalnya dilaksanakn dalam rangka memperingati berdirinya program studi Akuntansi Unas pada September tahun 2000. UNAF 2021 ini merupakan wujud nyata kepekaan sosial bagi FEB Unas untuk membagi Ilmu Akuntansi kepada institusi pendidikan lainnya, dan masyarakat.

Dr. Bambang Subiyanto, S.E.,M.Ak, CPA.

“Selain sebagai sarana promosi program studi, kegiatan ini juga dilakukan sebagai sarana menciptakan hubungan baik di antara sekolah-sekolah melalui perwakilan dari sekolah dan universitas masing-masing,” ujarnya dalam pembukaan kegiatan UNAF 2021 pada Senin (23/08).

Dalam kesempatan yang sama, Ketua pelaksana UNAF 2021 Novia Nur Damayanti mengatakan, UNAF 2021 ini dilakukan dalam bentuk kompetisi bagi mahasiswa dan siswa-siswi SMA/SMK se Indonesia, dengan harapan meningkatkan daya saing generasi muda di masa depan.

“Kegiatan ini juga diharapkan bisa mengembangkan kompetensi ilmu pengetahuan, dan juga melatih menerapkan keterampilan softskill berupa semangat berkompetisi yang adil, jujur, dan berani,” tuturnya.

Novia melanjutkan, terdapat 22 tim SMA/SMK dan 3 tim dari universitas yang mengikuti kegiatan ini. Setiap tim terdiri dari 3 peserta dari institusi yang sama, serta merupakan siswa/siswi dan mahasiswa aktif di institusi tersebut.

Sebelumnya, peserta diharuskan melakukan pendaftaran gratis secara online pada 9-20 Agustus 2021, dilanjutkan dengan mengikuti technical meeting pada 21 Agustus 2021. Sementara perlombaan sendiri dilangsungkan pada tanggal 23 Agustus 2021 untuk babak pertama, 25 Agustus 2021 untuk babak kedua, dan 27 agustus 2021 untuk babak final.

Baca Juga :   Bangun Kreativitas dan Jiwa Kompetensi Mahasiswa Melalui Bazar Kewirausahaan

Dilansir dari official instagram @unas.af2021, bagi peserta siswa-siswi SMA/SMK sedajat, tahap pertama lomba ialah soal pilihan ganda, tahap kedua estafet siklus, dan tahap terakhir ialah cerdas cermat. Sementara bagi peserta dari universitas, pada tahap pertama, peserta diharuskan membuat makalah dan video yang di upload ke youtobe, serta tahap kedua atau final yakni presentasi power point dan tanya jawab oleh juri. Semua lomba dilakukan secara virtual melalui zoom meeting.

Adapun peserta yang memperoleh juara pertama tingkat Universitas ialah tim Equilibrium dari Universitas Nasional, peringkat  kedua diraih oleh tim Antar Akusara Arkana 2.0 dari Politeknik Negeri Semarang, dan peringkat ketiga diraih oleh tim STEI dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi.

Sementara perlombaan tingkat SMA/SMK diraih oleh tim The Gifted dari SMKN 1 POGALAN sebagai peringkat pertama, tim Fortunio Team dari SMKN 1 POGALAN sebagai peringkat kedua, dan tim SMK DR. Soetomo Surabaya 2 sebagai peringkat ketiga. Seluruh peserta yang memenangkan perlombaan tersebut mendapatkan hadiah berupa sejumlah uang tunai dan sertifikat. (NIS)

 

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!