Eksplorasi Keanekaragaman Hayati Lewat Penelitian

Ini merupakan sebuah amanah kepada kami untuk turut andil memperbaiki dan memanfaatkan keanekaraman hayati yang ada khususnya di Indonesia.
 
Jakarta [UNAS] – Indonesia memiliki keanekaragaman yang melimpah, tetapi sangat disayangkan apabila digali keilmuannya hanya oleh peneliti Mancanegara. Seharusnya, kita sebagai tuan rumah dari alam kita lah yang terus menggali keindahan dari keaneragaman hayati yang kita miliki.

Memandang hal ini, Fakultas Biologi Universitas Nasional (UNAS) yang bekerja sama dengan Pusat Pengkajian Lingkungan dan Konservasi Alam UNAS melaksanakan Seminar Ilmiah yang bertemakan Eksplorasi Potensi dan Konservasi Keanekaragaman Hayati Indonesia. Kegiatan ini dilakukan di ruang seminar selasar lantai 3, Senin (07/12).

Dalam wawancaranya, Dekan Fakultas Biologi Universitas Nasional, Drs. Imran Said Lumban Tobing, M.Si mengatakan, “seminar ilmiah ini merupakan sebuah amanah yang diberikan oleh Pusat Pengkajian Lingkungan dan Konservasi Alam kepada Fakultas Biologi Universitas Nasional. Tujuannya untuk merangsang peneliti agar lebih giat lagi melakukan penelitian yang membangun khususnya untuk memperbaiki dan memanfaatkan hayati yang ada terutama di Indonesia. Selain itu, diharapkan pada seminar ini terjalin saling berbagi untuk belajar dari kelebihan yang dimiliki peneliti lain dan saling memperbaiki kekurangan”.

Kegiatan seminar ini dibagi menjadi beberapa sesi meliputi eksplorasi kehati, potensi kehati, serta ekologi dan konservasi kehati.

Beberapa hasil penelitian yang dilakukan oleh dosen-dosen Biologi UNAS yang diseminarkan meliputi Komunitas Hewan antara “Tipe Habitat di Pulau Kotok besar Taman Nasional Laut (TNL) kep. Seribu” oleh Dra. Hasni Ruslan, M.Si.; “Potensi Primata Noctural di Hutan Desa Dayeuh Luhur, Gageas, Sumedang, Jawa Barat” oleh Dr. Tatang Mitra Setia, M.Si. dan Dr. Sri Suci Utami Atmoko; serta Potensi dan Komposisi Jenis Gastropoda serta “Bivalvia di Ekosistem Mangrove Zona Rimba Cilintang Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK)” oleh Dra . Noortiningsih, M.Si.

Seminar kali ini dihadiri oleh siswa-siswi SMA Subangsih. Salah satu siswi Sma Subangsih, Dita Zulifahnur mengatakan,”saya sangat senang sekali dapat ikut menghadiri seminar ini, sehingga kita dapat pengetahuan lebih. Saya berharap kegiatan ini terus diadakan sehingga kita dapat terus memperbarui pengetahuan kita”.

“Kami sangat senang dikarenakan seminar ini tidak hanya dihadiri oleh dosen dan mahasiswa Universitas Nasional, tapi juga dihadiri oleh siswa-siswi SMA Subangsih. Harapannya minat mahasiswa melakukan penelitian terus berkembang, khususnya mahasiswa yang mendapatkan Program Kreatifitas Mahasiswa tahun ini lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya yang memperoleh 3 proposal dengan tema penyu yang dilakukan di Sukabumi Selatan, kelautan yang dilakukan di Kepulauan Seribu dan primate yang dilakukan di Sumedang” tutur, Dekan Fakultas Biologi melihat antusias para peserta yang datang. (Sudirgo, S.P.)