Dua Puluh Perusahan Besar Siap Pekerjaan Lulusan UNAS

Jakarta (UNAS) – Mencari pekerjaan para era milineal ini, seperti mencari jarum diatas tumpungkan jerami. Kesulitan yang dialami adalah banyak perusahan yang menginginkan pekerja yang sudah berpengalaman.  Jelas ini menjadi kendala bagi para mahasiswa yang baru saja lulus, namun tidak bagi mahasiwa UNAS. Pasalnya Universitas Nasional pada Minggu perkuliahan ke 8 menggelar Job Fair melalui Career Developer Center (CDC) yang bekerjasama dengan Nusatalent pada Rabu dan Kamis (20-21/11) di Aula Blok 1, Lt 4.

Sebanyak 20 Perusahaan ikut membuka lowongan untuk para pencari kerja khususnya untuk calon Fresh Graduate dan Alumni UNAS. Melamar di bursa kerja atau sering di sebut dengan Job Fair masih menjadi favorit kebanyakan orang saat ini, karena selain efektif juga efisien dengan sekali datang bisa melamar beberapa pekerjaan sekaligus. Ada 200 pengunjung yang datang pada Job Fair ini, menurut Kepala CDC Jesaya Pinem, S.S., MM jumlah ini terbilang sedikit, pasalnya ada sekitar 1300 mahasiswa yang di wisuda setiap semesternya. “Job Fair kali ini terbilang cukup sedikit ya pengujungnya, mungkin karena setelah wisuda mereka sudah terpencar, ada yang pulang kampung atau merantau ke tempat lain,” tuturnya.

Selain itu, Jesaya Pinem juga menambahkan data mahasiswa seperti Email dan Nomor telpon juga berpengaruh terhadap informasi yang disebar. “jadi data mahasisa juga berpengaruh, kebanyakan mahasiswa yang sudah ganti nomor telpon atau email tidak melapor lagi ke pihak kampus jadi ya susah untuk menyebar infromasinya.” terangnya.

Banyak para pencari jaman sekarang yang terlena oleh kemudahan teknologi, terutama bagi mereka yang baru saja lulus kuliah. Dengan mudah mereka mencari lowonganrja secara online tanpa membawa puluhan CV dalam amplop coklat, sekarang CV bisa di kirim melalui Email atau sekurangnya melalui WhatsApp. Untuk mengikuti Job Fair, sebaiknya para pencari kerja bisa datang lebih awal, selain bisa banyak waktu untuk lebih mengenal perusahaan yang di inginkan juga bisa lebih santai mencari perusahaan apa yang cocok. Tidak hanya datang lebih awal, penampilan juga harus diperhatikan agar menjadi daya tarik pada saat melamar di bursa kerja. (*TIN)