Dr. Fachruddin Sebut Kolaborasi Budaya dan Alam dapat Menjaga SDA Berkelanjutan

Jakarta (Unas) – Dosen Sekolah Pascasarjana Universitas Nasional (Unas), Dr. Fachruddin M. Mangunjaya, M.Si. menyebutkan, adanya kolaborasi budaya dan alam dapat memberikan perlindungan bagi Sumber Daya Alam (SDA) berkelanjutan.

Dr. Fachruddin M. Mangunjaya, M.Si.

“Saat ini telah banyak kawasan alam yang terdegradasi oleh arus modernisasi. Contohnya seperti lahan yang menjadi kawasan perumahan dan industri, sehingga menghilangkan dimensi alamiahnya,” jelasnya dalam kegiatan ‘Opening of the 11th International Graduate Students and Scholars’ Conference in Indonesia (IGSSCI) with the theme: “Culture, Technology and Social Transformation in the Quest for Human Dignity’, yang dihelat secara virtual, pada Rabu (24/03).

Menurut Fachruddin, menjaga alam adalah kunci kesejahteraan manusia dan berdampak pada ekosistem planet yang berkelanjutan. Oleh sebab itu, hal yang dapat dilakukan untuk menjaga SDA saat ialah dengan penggabungan budaya dan alam, misalnya dengan kegiatan kemasyarakatan yang mampu mengajak manusia untuk terlibat menjaga alam.

“Salah satu bentuk perlindungan alam melalui pendekatan budaya ialah tradisi Lubuk Larangan di Sumatra Barat. Lubuk Larangan merupakan kawasan yang telah disepakati bersama untuk dilarang mengambil ikan baik dengan cara apapun apalagi merusak lingkungan. Tradisi ini sudah ada sejak jaman dahulu dan masih dilestarikan oleh masyarakat hingga kini,” ujar Ketua Pusat Pengajian Islam (PPI) Unas itu.

Dia menambahkan, adanya Lubuk Larangan merupakan bentuk kearifan budaya yang dapat melestarikan alam serta menjaga kelangsungan hidup di dalamnya. Tradisi ini juga dapat mencegah kerusakan lingkungan sungai, melestarikan adat istiadat setempat, dan memperkuat integrasi dan kohesi sosial antar masyarakat. Melihat hal tersebut, Fachruddin mengatakan, Lubuk Larangan dapat menjadi contoh sebuah upaya menjaga kelestarian alam berkelanjutan. Namun, tetap mengedepankan budaya daerah.

Baca Juga :   Yudisium FIKES Dorong Lulusan Jadi Tenaga Kesehatan yang Berkualitas

Kegiatan IGSSCI ini digelar oleh Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada (UGM). Konferensi ini,  diperuntukkan bagi akademisi, peneliti, dan praktisi Sekolah Pascasarjana untuk bertukar pengetahuan dan informasi dalam area ilmu sosial dan teknologi secara luas.(NIS) 

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!