dr. Cholisah : Berdamai Bukan Berarti Menyerah Pada Covid

Jakarta (Unas) – Baru baru ini pemimpin dunia ramai menyerukan masyarakat untuk berdamai dengan corona atau Covid-19. Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga turut menuturkan bahwa masyarakat harus hidup berdampingan dengan Covid-19.

Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Nasional (FIKES UNAS), dr. Cholisah Suralaga, M.Kes., mengatakan bahwa berdamai disini bukan berarti masyarakat harus menyerah dengan virus corona, tetapi berjuang melawan penyakit tersebut.

“Virus corona diprediksi tidak akan cepat hilang dari permukaan bumi di seluruh dunia, sementara kehidupan harus terus berjalan, yang bekerja harus bekerja, yang sekolah harus sekolah, makanya munculah wacana kita harus berdamai dengan virus Corona dari WHO dan juga dikutip oleh Presiden Jokowi ,” jelasnya saat diwawancarai oleh Humas Unas melalui pesan whatsapp, Selasa (19/05).

Ia juga menambahkan bahwa hidup setelah adanya pandemi corona tidak akan pernah sama lagi seperti tahun-tahun sebelumnya. Oleh sebab itu, setiap orang kedepannya harus terus memelihara perilaku hidup bersih dan sehat karena sampai saat ini belum ditemukan vaksin dan obat yang benar-benar dapat menyembuhkan virus tersebut.

Sementara itu, menurut Cholisah, langkah yang dapat dilakukan untuk berdamai dengan corona adalah dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Masyarakat keluar rumah jika benar-benar ada keperluan, jaga jarak dengan orang lain, menghindari kerumunan, memakai masker, sering mencuci tangan, makan makanan yang sehat, serta cukup istirahat dan berolah raga teratur.

“Intinya masyarakat harus tetap harus waspada. Damai bukan berarti hilang kewaspadaan. Selalu ingat bahwa Covid-19 adalah penyakit yang bisa mengancam nyawa, jadi tidak boleh dianggap main-main. Masyarakat jangan sampai lengah, tetap selalu menjaga kesehatan diri dan keluarga dengan sebaik-baiknya,” tuturnya.

Cholisah juga menyarankan masyarakat tetap melakukan social distancing ketika keluar rumah, memakai masker bila sakit batuk pilek, sering mencuci tangan, menjaga makan dan memperhatikan kandungan gizinya, juga menghindari kumpul-kumpul yang tidak perlu. “Sementara itu jika sudah sampai di rumah, segera membersihkan diri dan mengganti pakaian. Tetap olah raga teratur dan jangan stres berlebihan,” tutupnya.(*NIS)

Baca Juga :   Wadek FH Unas : Semaksimal Mungkin Dihindari Gelombang PHK di Masa Covid-19
Berita Terbaru
Berita

Pernyataan Sikap Pimpinan UNAS

HUBUNGAN MASYARAKAT UNIVERSITAS NASIONAL Jl. Sawo Manila No. 61, Pejaten Pasar Minggu Jakarta Selatan 12520   Siaran Pers                    No.040/MPR/SP/IV/2024   Menyikapi

Read More »

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!