Dissemination on Study Aboard Program 2019, KKI Dorong Mahasiswa Menguasai Berbagai Bahasa

Jakarta (UNAS)- Untuk bersekolah maupun kuliah di luar negeri adalah impian banyak orang apalagi jika berkesempatan mengemban ilmu di luar negeri didapatkan dari program beasiswa. Namun sayangnya masih banyak yang menganggap biaya belajar di luar negeri itu mahal dan prosesnya tidak mudah. Padahal banyak kesempatan untuk medapatkan beasiswa sekolah di luar negeri yang tak perlu mengeluarkan biaya pribadi yang besar bahkan gratis.

Paham akan banyaknya mahasiswa yang berminat untuk pergi ke luar negeri, Kantor Kerjasama Internasional Universitas Nasional menggelar acara Dissemination on Study Aboard Program 2019. Acara yang mengusung tema “Pre Depature Program” di ruang Seminar pada (26/11).

Kepala Divisi Kerjasama Luar Negeri UNAS, Dra. M.A. Inez Sapteno mendorong mahasiswa untuk belajar di luar negeri selama satu tahun dengan sistem 3+1. “kalian harus tanamkan target dengan sistem 3+1 yang artinya 3 tahun di UNAS dan 1 tahun di luar negeri,” ujarnya.

Menurutnya, peluang untuk belajar di luar negeri terbuka lebar sebab Negara-negara seperti  Jepang, Korea, Malaysia, hingga negara benua Eropa telah membuka peluang bagi mahasiswa yang ingin kuliah di luar negeri. Namun, kata Inez, untuk mengikuti program study abroad ini mahasiswa harus mengasah kemampuan nya dalam berbahasa asing serta mampu mencapai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,5.

Dengan mengudang beberapa tutor dari berbagai bahasa seperti Claudio Cozollino, MA pengajar Bahasa Itali, Kwon Young Sun, M.Pd Pengajar Bahasa korea, Tatyana Sekarprijastina, M.Hum Pengajar Bahasa Rusia dan Alumni UNAS Najwa Nabillah dan Turmidzi Fath yang akan berangkat ke China.

Acara ini bertujuan untuk menginformasikan program-program kerjasama dan kesempatan belajar di Universitas luar negeri. Selain itu, juga memberi kesempatan bagi dosen dan mahasiswa yang telah atau sedang mengikuti program student exchange untuk berbagi pengalamannya. Study Abroad Dissemination adalah program Universitas Nasional yang diadakan setiap tahun untuk mendorong para mahasiswa mempersiapkan diri belajar ke luar negeri .(*TIN)