Dekan Faperta Unas Ajak Masyarakat Bercocok Tanam Saat Pandemi Covid-19 Untuk Sehat dan Berumur Panjang

Jakarta (Unas) – Dekan Fakultas Pertanian Universitas Nasional Ir. Inkorena G.S. Sukartono, M.Agr. mengajak masyarakat untuk memanfaatkan ruang terbatas di rumah untuk berkebun atau menanam tanaman termasuk sayuran untuk memenuhi kebutuhan pangan rumah tangga ditengah pandemi covid-19.

“Melakukan penanaman sayuran dirumah selain bisa memenuhi kebutuhan pangan juga untuk mengisi waktu luang saat pandemi covid-19,” kata Dekan Fakultas Pertanian Universitas Nasional Ir. Inkorena G.S. Sukartono, M.Agr saat di hubungi via Whatsapp oleh tim Humas Unas, Rabu, (13/5).

Menurutnya, aktivitas bertanam dapat  memberi sugesti untuk dapat hidup sehat dan berumur  panjang.“Bertanam  itu  kegiatan  yang selalu pas kapan saja  dan untuk  tujuan  apapun,  bahkan  menurut saya  dapat memberi  sugesti  untuk  dapat  sehat dan  berumur  panjang. Karena  orang yang  menanam  selalu  punya harapan  besok  itu  seperti apa  tanam nya  dan  berupaya menjadikan  tanaman  itu  sehat,” ucapnya.

Sukartono menambahkan, berbagai tanaman sayuran dapat di tanam selama dirumah oleh masyarakat. Namun, Ia menyarankan untuk menanam sayuran yang mudah dan bisa dikonsumsi serta memiliki nilai gizi yang baik bagi tubuh.

“Saat ini tanaman sayuran berumur pendek akan sangat berguna misalnya caisim, kangkung  bayam, dan lain-lain. Saya  rasa  masih banyak  tanaman  disetiap  daerah  yang  berpotensi  menjadi  bahan  pangan yang bergizi, Bahkan singkong saja  bisa  ditanam batangnya untuk  diambil  daun nya,  tidak usah berfikir harus  luas  atau  banyak  tetapi cukup  untuk  variasi  menu  keluarga  sudah  cukup,” tutur Sukartono.

Lebih lanjut, Sukartono mengatakan, yang perlu  disiapkan  adalah  ketersediaan  benih  atau  bibit yang  cukup  untuk  budidaya dirumah sehingga tanaman sayuran yang sudah di tanam dapat dikonsumsi tanpa harus mengeluarkan uang untuk membeli bahan sayuran.

“Kedepan kita  mesti  berubah  atau  beradaptasi dengan  keadaan.  misalnya  kalau  makan  pedas  ya  biasa kan pakai cabe kering jadi apa yang kita tanam bisa dipakai sendiri dan tidak harus mengeluarkan uang untuk membelinya,” ungkapnya. (*DMS).