Cegah Corona, Unas Lakukan Tes Mahasiswa Baru Secara Online

Jakarta (Unas) – Masih dalam situasi pandemi virus corona atau Covid-19, Universitas Nasional (Unas) melakukan tes penerimaan mahasiswa baru secara online. Hal ini juga upaya Unas untuk memutus rantai Covid-19 serta mengikuti anjuran pemerintah untuk tetap berada di rumah hingga pandemi berakhir.

“Kondisi saat ini memang tidak memungkinkan untuk tes datang ke Unas karena masih dalam pandemi cotona, sehingga Unas pun harus bisa mengatasi masalah tersebut. Jadinya proses penerimaan mahasiswa baru tetap berjalan dengan adanya tes online,” jelas Kepala Badan Pengelola Sistem Informasi (BPSI) Unas, Winarsih, S.Si., MMSI. saat ditemui di ruangannya, Sabtu (09/5) usai tes gelombang pertama.

Ia melanjutkan, pada tes online ini Unas telah menyediakan aplikasi untuk melakukan Tes Potensi Akademik (TPA) dengan mengakses tpmb.unas.ac.id. Sementara untuk tes wawancara dilakukan secara video conference pada aplikasi Buzme-in. “Dengan jumlah peserta hampir 400 alhamdulillah lancar, jika ada kendala sedikit wajar hanya masalah di jaringan saja,” ucap Wina yang juga sebagai pewawancara pada tes tersebut.

Wina melanjutkan, pada tes wawancara tersedia fitur line telfon dan live chat sehingga peserta tes dapat dengan mudah menyampaikan kendala teknis pada saat video conference berlangsung. Untuk kedepannya, lanjutnya, dengan pengalaman hari pertama maka pada gelombang berikutnya akan dibuatkan aplikasi utuk memudahkan pewawancara pada saat menampung jawaban pertanyaan yang disampaikan ke calon mahasiswa baru. “Saat ini masih manual pakai kertas atau laptop, untuk kedepannya mungkin bisa buat aplikasi sehingga nilai wawancara yang diinput bisa langsung masuk ke data base,” tambahnya.

Sementara itu, salah satu peserta tes, Mega Sri Rahayu mengatakan, tes online ini merupakan alternatif yang bagus bagi Unas untuk mencegah wabah corona. Tak hanya itu, peserta tes juga dapat berhemat sehingga tidak perlu jauh-jauh datang ke lokasi tes.

“Alternatif yang bagus ya buat dilakukan secara online kan sekarang semuanya serba dilakukan secara online. Selain itu lebih praktis, bisa hemat ongkos juga,” jelasnya usai dihubungi via telfon oleh Humas Unas pada kesempatan yang sama.

Tes gelombang pertama tersebut berlangsung pada pukul 08.00-10.00 WIB untuk TPA, dan pukul 10.00-12.00 WIB untuk tes wawancara. Saat ini, Unas telah membuka pendaftaran untuk gelombang kedua hingga hingga 12 Mei. Calon mahasiswa baru bisa mendaftaran diri secara online melalui www.unas.ac.id. (*NIS)