Benarkah, Revolusi Industri 4.0 Akan di Tinggalkan?

Jakarta (UNAS) – Belakangan ini ini istilah Industri 4.0 santer menghiasi media massa maupun media sosial. Belum usai hiruk-pikuk akibat Revolusi Industri 4.0, yang dibarengi perkembangan era disrupsi, tiba-tiba kita dikejutkan dengan munculnya Society 5.0 (masyarakat 5.0). Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika Universitas Nasional (FTKI UNAS) memanfaatkan keadaan ini untuk mengenalkan peran Society 5.0 pada kehidupan sehari-hari dalam Webinar “Social Cyber System and Machine Learning in Era Society 5.0” pada Jumat (29/1).

Pada sambutannya, ketua pelaksana kegiatan Nur Hayati, S.SI., MTI menjelaskan bahwa dalam kegiatan ini masyarakat di dorong untuk dapat menyelesaikan berbagai tantangan dan permasalahan sosial dengan memanfaatkan berbagai inovasi yang lahir di era Revolusi industri 4.0.

“Society 5.0 adalah masyarakat yang dapat menyelesaikan berbagai tantangan dan permasalahan sosial dengan memanfaatkan berbagai inovasi yang lahir di era Revolusi industri 4.0 seperti Internet on Things (IoT), Artificial Intelligence (kecerdasan buatan), Big Data (data dalam jumlah besar), dan robot untuk meningkatkan kualitas hidup manusia”, jelasnya.

Prof. Dr. Iskandar Fitri, S.T., M.T.

Menurut pandangan Guru Besar FTKI Prof. Dr. Iskandar Fitri, S.T., M.T.  selaku narasumber konsep revolusi revolusi 4.0 dan Society 5.0 tidak memiliki perbedaan yang jauh. “Sebenarnya konsep revolusi 4.0 dan Society 5.0 tidak memiliki perbedaan yang jauh. Hanya saja konsep Society 5.0 lebih memfokuskan konteks terhadap manusia. Pada Society 4.0 kita bisa mengakses juga membagikan informasi di internet. Dan Society 5.0 adalah era dimana semua teknologi adalah bagian dari manusia itu sendiri. Internet bukan hanya sekedar untuk berbagi informasi melainkan untuk menjalani kehidupan”, ungkap Iskandar pada materinya.

Ia juga menambahkan bahwa dalam Society 50 Berbagai isu sosial akan teratasi dan manusia akan terlepas dari berbagai macam keterbatasan dalam hidup, seperti jarak dan lokasi sudah tidak lagi menjadi kendala. “Nantinya jarak dan lokasi sudah tidak lagi menjadi kendala, dari segi pengiriman barang, kesehatan, pendidikan, pekerjaan seperti sekarang ini kerja tidak perlu dari kantor namun dapat dilakukan work from home (WFH) semua bisa dilakukan secara jarak jauh dari rumah tanpa harus bertemu secara fisik”, tambahnya.

Baca Juga :   Lakukan Pengabdian Dengan Tema Pembangunan Berkelanjutan, Jadi Bukti Keseriusan Himakom Dalam SDG’s di Daerah

Senada dengan Prof. Dr. Iskandar Fitri, S.T., M.T, Dosen Teknik Elektro dan Komputer dari Curtin University Malaysia, Dr. Filbert H. Juwono berpendapat bahwa revolusi industri 4.0 menggunakan kecerdasan buatan sebagai komponen utama dan Society 5.0 menggunakan teknologi modern dan mengandalkan manusia sebagai komponen utamanya.

“Jika revolusi industri 4.0 menggunakan kecerdasan buatan sebagai komponen utama dalam membuat perubahan di masa yang akan datang, maka Society 5.0 menggunakan teknologi modern hanya saja mengandalkan manusia sebagai komponen utamanya”.paparnya.

“Segala kecanggihan teknologi seperti, data sciences, IoT, cloud, biotechnology, big data,  remote  tidak akan membawa manfaat apabila manusia sebagai pengguna tidak dapat mengoperasikannya. Manusia tidak cukup hanya sebatas memahami atau diberikan sebuah teori saja, harus berpikir kritis, kreatif dan konstruktif” tambahnya.

Dr. Filbert juga menjelaskan bahwa terbentuknya konsep Society 5.0 karena gagasan oleh pemerintah Jepang. “ Awalnya Society 5.0 adalah konsep masa depan yang digagas oleh pemerintah Jepang yang mulai diperkenalkan pada Januari 2019 sebagai respon pemerintah Jepang terhadap revolusi industri 4.0 saat ini. Society 5.0 sendiri baru diresmikan pada 21 Januari 2019 dan dibuat sebagai solusi atas revolusi industri 4.0”.

Dalam kegiatan ini juga dihadiri oleh Dekan FTKI, Dr. Septi Andryana, S.Kom., MMSI dan para dosen Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika.(TIN)

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!