‘Islam Dan Terorisme’ dan Cara Menyikapinya Islamophobia

Jakarta [UNAS] – Islamofobia atau opini anti islam sebenarnya bukanlah hal baru. Tapi topik ini selalu hangat dibincangkan oleh masyarakat global. Berangkat dari sana Himpunan Mahasiswa Masjid Sutan Takdir Alisjahbana (HIMMASTA) Universitas Nasional (Unas) mengadakan seminar yang membahas hal tersebut.

Seminar ‘Islam dan Terorisme’ Menyikapi Islamophobia Masyarakat Global diadakan pada hari Jum’at,(26/2). Acara ini juga didukung oleh Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Sutan Takdir Alisjahbana Unas dan mengundang narasumber yang berpengalaman dibidangnya.

Diantaranya, MA., Dr. Abdullah Hehamahua, SH., MM (Mantan Penasehat KPK) Dr. Muhammar Noer., (Dosen Unas dan pengamat politik timur tengah) dan Khairul Fuad, MA. (Dosen Unas dan sosiolog).

Muhammad Noer menjelaskan bahwa terorisme adalah bentuk baru memojokkan Islam. Menurutnya, Islamophobia sendiri muncul ketika Islam semakin menempati posisi yang kuat dalam sebuah peradaban atau komunitas. “Untuk menciptakan sikap fobi terhadap Islam ini, salah satunya adalah dengan memberikan label ‘Teroris’ terhadap gerakan-gerakan Islam yang dipandang “membahayakan” kepentingan negara dominan/adidaya, dalam hal ini AS dan sekutunya,” ujar Muhammad Noer.

Di akhir seminar Abdullah Hehamahua memberikan pesan yang merupakan wasiat Rasul setiap melepas prajurit perang nasihat yang pertama adalah, jangan membunuh anak kecil, perempuan, orang tua dan orang cacat; kedua, jangan merusak tempat ibadah; ketiga, jangan menebang pohon kecuali diperlukan. “Jika ada yang melakukan ketiga hal tersebut jelas mereka bukanlah Islam dan tidak bisa membawa nama Islam,” pesan mantan penasehat Komisi Pemberantasan Korupsi itu.

Baca Juga :   Final dari Simulasi Akreditasi Prodi Teknik Elektro dan Teknik Mesin Bersama Asesor Eksternal
Berita Terbaru
Berita

Pernyataan Sikap Pimpinan UNAS

HUBUNGAN MASYARAKAT UNIVERSITAS NASIONAL Jl. Sawo Manila No. 61, Pejaten Pasar Minggu Jakarta Selatan 12520   Siaran Pers                    No.040/MPR/SP/IV/2024   Menyikapi

Read More »

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!