Adakan Pelepasan Wisudawan dan Wisudawati, FTS Bekali Lulusan Hadapi Tantangan Era Disruptive Technology

Jakarta (UNAS) – Fakultas Teknik dan Sains Universitas Nasional (FTS UNAS) mengadakan pelepasan wisudawan dan wisudawati semester ganjil tahun akademik 2020/2021. Dalam kegiatan ini, FTS membekali para lulusan untuk menghadapi tantangan di era disruptive technology.

Kegiatan yang diselenggarakan pada Sabtu 10 April 2021 di Auditorium UNAS ini turut dihadiri oleh Wakil Dekan FTS Dr. Viktor Vekky R Repi, S.T., M.T., Ketua Program Studi Teknik Elektro Fuad Djauhari, S.T., M.T., Sekretaris Program Studi Teknik Elektro Endang Retno Nugroho, S.Si., M.Si., Ketua Program Studi Teknik Mesin Basori, S.T., M.T., Sekretaris Program Studi Teknik Mesin Ahmad Zayadi, S.T., M.T., Kepala Laboratorium Prestasi Mesin Asmawi, S.T., M.T. dan segenap para calon wisudawan dan wisudawati FTS.

Dalam pembekalannya, Wakil Dekan FTS Dr. Viktor Vekky R Repi, S.T., M.T. menyampaikan bahwa untuk menghadapi tantangan era disruptive technology kompetensi lulusan perlu ditingkatkan. Ia menyebut ada beberapa kemampuan yang harus ditingkatkan yaitu kemampuan bahasa inggris, bahasa pemrograman (coder), serta statistik.

Dr. Viktor Vekky R Repi, S.T., M.T.

Disamping meningkatkan kemampuan tersebut, Vekky juga mengatakan lulusan juga harus memiliki jiwa sosial yang tinggi dan berbudaya untuk mencapai keberhasilan. “Milikilah jiwa sosial dan yang terpenting lagi berbudaya artinya kita mengerti etika, tata krama, saling menghargai satu sama lain, bekerja sama, termasuk bertoleransi antar sesama dan saya yakin itu akan menjadi kunci keberhasilan para sarjana-sarjana,” tuturnya.

Di akhir pembekalannya, Vekky berharap para lulusan dapat mencapai prestasi yang membanggakan dan dapat mengharumkan nama fakultas dan program studi. “Semoga lima tahun mendatang saya dapat bertemu kalian dengan sebuah prestasi yang luar biasa dan membanggakan bagi FTS UNAS khususnya di prodi masing-masing,” harapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Pelaksana Endang Retno Nugroho R, S. Si., M. Si. mengucapkan selamat atas prestasi nya dapat lulus menjadi sarjana. Ia pun menyebut, calon wisudawan dan wisudawati ini merupakan lulusan yang memiliki integritas, visi ke depan, dan semangat pantang menyerah.

“Kepada calon wisudawan dan wisudawati kami ucapkan atas kelulusan nya, calon wisudawan dan wisudawati yang akan dilantik pada wisuda periode ini merupakan lulusan yang memiliki integritas, visi ke depan, dan semangat pantang menyerah untuk meraih kesuksesan,” ujarnya

Wisudawan/wisudawati terbaik periode ganjil tahun akademik 2020/2021 diraih oleh Mawardi dari prodi teknik mesin dengan IPK 3,52, Muhammad Difa Ramadhan dari prodi teknik fisika dengan IPK 3,63, Bella Tri Duni Arbianti dari prodi fisika dengan IPK 3,62, dan Ahmad Maghfurin dari prodi teknik elektro dengan IPK 3,27. Para wisudawan dan wisudawati terbaik mendapatkan sertifikat penghargaan yang diberikan langsung oleh pimpinan prodi.

Adapun fakultas yang telah berumur 70 tahun itu berhasil meluluskan 44 lulusan yang terdiri 23 orang dari program studi teknik mesin, 8 orang dari program studi teknik elektro, 11 orang dari program studi teknik fisika, dan 2 orang dari program studi fisika. (*DMS)