Yudisium FTKI Bekali Lulusan Dengan Melek TIK Bidang Industri dan Bisnis

Bagikan Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Yudisium FTKI Bakali Lulusan Dengan Melek TIK Bidang Industri dan Bisnis

Jakarta (UNAS) – Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika (FTKI) Universitas Nasional menggelar Yudisium pelepasan dan pembekalan bertema “Kompetisi TIK Pada Sektor Bidang Industri dan Bisnis Di Era Society 5.0” bagi lulusan pada Sabtu (28/5) di Aula blok 1 lantai 4. Pada semester ini, FTKI menyelenggarakan Yudisium Series dengan beberapa kegiatan seperti; Pelatihan Prakerja yang terdiri dari Psikotes dan Edukasi Persiapan Kerja yang diadakan pada 30 Maret hingga 1 April, Kompetisi Three Minute Thesis (3MT) pada 22 Maret.

Dr. Septi Andryana, S.Kom. MMSI
Dr. Septi Andryana, S.Kom. MMSI

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika Dr. Septi Andryana, S.Kom. MMSI., mengatakan  bahwa FTKI meluluskan total 199 mahasiswa. “Pada periode ini FTKI meluluskan 199 mahasiswa dari Prodi Informatika dan Prodi Sistem Informasi. Pada semester ini juga ada 7 dosen yang sedang mengikuti kuliah S3.” Paparnya

Pada kegiatan yudisium FTKI 2022, Ia juga mengapresiasi mahasiswa yang menjadi lulusan terbaik serta dosen yang berhasil meraih sertifikasi asesor BKD dan Hibah Penelitian. “Saya juga mengapresiasi mahasiswa lulusan terbaik FTKI dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,97 dan menempuh masa studi selama 7 semester yaitu Muhammad Sopiyan, S.Kom dari Prodi Informatika, kepada mahasiswa aktif yang berprestasi akademik dengan IPK 4.00 dan Dosen yang telah lulus sertifikasi sebagai asesor BKD serta dosen yang memperoleh hibah penelitian lanjutan tahun 2022 yaitu PDUPT dan PTUPT,” ujarnya

Sebagai tradisi FTKI, setiap semester pada acara yudisium diberikan penghargaan kepada dosen, staf, lulusan terbaik dan mahasiswa berprestasi. Penghargaan diberikan kepada Lulusan terbaik Prodi dan Fakultas , Mahasiswa IPK 4, Mahasiswa Terbaik Angkatan, Dosen Terbaik, Terfavorit dan Karyawan Terfavorit serta Penghargaan diberikan kepada Dosen Tersertifikasi Asesor BKD. Penghargaan diberikan dalam bentuk Piagam dan E-money Brizzi.

Kegiatan Yudisium mengundang Guru Besar FTKI Prof. Dr. Iskandar Fitri, S.T., M.T., sebagai orator. Dalam orasinya, Ia mengingatkan kepada mahasiswa untuk berani menetapkan keputusan dan merancang kehidupan setelah lulus.

Prof. Dr. Iskandar Fitri, S.T., M.T
Prof. Dr. Iskandar Fitri, S.T., M.T

“Harus ada keberanian menetapkan keputusan di masa depan dan setelah lulus rancang hidup anda. Kalian hidup di era 5.0 sebagai lulusan FTKI kalian harus memiliki kesadaran sumber daya, kuatkan mental set dan mindset moral dan integritas sudah termasuk. Karena mau tidak mau kalian harus bersaing dengan teknologi dan harus update terus,” kata Iskandar

Lebih lanjut, Iskandar juga mengajak lulusan untuk belajar bahasa Inggris dan bahasa lain. “Mengikuti teknologi berarti kalian juga harus belajar bahasa Inggris karena buku panduanya pasti menggunakan bahasa Inggris kedepan kita akan masuk pada transmisi 5G, bukan lagi 4G dan saat ini sedang berjalan. Sederhananya kalian harus melek harus update terus IT,” pungkasnya.

Sigit Wijanarko, S.T., M.Kom
Sigit Wijanarko, S.T., M.Kom

Sementara itu Ketua UPM FTKI Sigit Wijanarko, S.T., M.Kom., melaporkan ada mahasiswa yang sudah mempublikasikan jurnal ilmiah sesuai dengan persetujuan dosen pembimbing. “Jumlah keseluruhan 199 terdiri dari 102 Prodi Sistem Informasi dan 97 Prodi Informatika, ada yang sudah publikasi ke Jurnal nasional terakreditasi SINTA setelah mendapatkan persetujuan dosen pembimbing sebagian melalui jalur skripsi non publikasi,” jelas Sigit.(*TIN)

Berita Terbaru
Chat with Us!