Himasasing Mengajak Mahasiswa Memiliki Integritas Untuk Memberantas Korupsi

Himasasing Mengajak Mahasiswa Memiliki Integritas Untuk Memberantas Korupsi

Jakarta (UNAS) – Mahasiswa dikenal memiliki peran sebagai agent of change. Mereka lah kelak yang akan meneruskan roda pemerintahan serta memiliki andil dalam kemajuan bangsa Indonesia. Menyadari hal tersebut, Himasasing FBS UNAS mengadakan rangkaian Webinar Membangun Nilai Integritas.

Di kesempatan ini, mereka melihat masih ada banyaknya tindakan korupsi. Untuk itu, tema yang diangkat ialah “Mahasiswa Berintegritas, Korupsi Diberantas”. Melalui webinar ini, bertujuan untuk menyebarkaluaskan nilai-nilai integritas dan nilai-nilai anti korupsi kepada para mahasiswa/i.

Kemudian, membantu para mahasiswa/i untuk menegakkan nilai-nilai integritas dan nilai-nilai anti korupsi serta mengajak para mahasiswa/i untuk terlibat aktif dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia.

Hal tersebut juga disampaikan oleh Ketua Pelaksana Muhammad Ilham Pratama Hasri. Ia menyampaikan bahwa acara ini bertujuan untuk meningkatkan rasa kepedulian khususnya mahasiswa terhadap nilai-nilai integritas terkait bahaya korupsi.

“Saya berharap dari webinar ini dapat membuat masyarakat umum khususnya mahasiswa/i atauapun para pelajar di seluruh Indonesia dapat menghilangkan kebiasaan buruk korupsi dan bahkan memberantas sikap-sikap dan juga praktek-praktek korupsi yang ada di negara kita tercinta ini,” ujar Ilham, sapaan akrabnya.

Wakil Dekan Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) UNAS Fairuz, M.Hum., melihat kegiatan ini sebagai bentuk nyata dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Serta, tema yang diangkat dirasa sampai saat ini masih sangat aktual untuk diperbincangkan.

“Korupsi adalah musuh nyata dan perbuatan yang tidak terpuji yang dapat merugikan masyarakat,” tuturnya. “Dengan adanya seminar ini diharapkan dapat menanamkan nilai-nilai integritas dan bahaya dari korupsi. Dan anti korupsi ini seharusnya ditanamkan sejak dini pada diri generasi muda penerus bangsa yaitu mahasiswa,” lanjut Fairuz.

Pada webinar ini, mengundang Penyuluh Anti Korupsi Rika Kartika, S.IP., M.SI., yang mengapresiasi penyelenggaraan webinar ini. “Memberikan apresiasi kepada fakultas yang juga komit tentunyta UNAS, secara umum komit untuk menjalankan Permenristekdikti No. 33 Tahun 2019 mengenai Kewajiban Penyelanggaraan Pendidikan Anti Korupsi di Perguruan Tinggi,” ucapnya.

Baca Juga :   YUDISIUM FAKULTAS TEKNIK & SAINS UNIVERSITAS NASIONAL

Rika menyampaikan kepada para peserta webinar nilai integritas yang diselenggarakan oleh Himasasing ini, bahwa penting memiliki nilai integritas sebagai kunci kita memberantas korupsi. Setidaknya terdapat tiga poin yang dapat memicu tindakan korupsi menurut Rika yaitu niat, kesempatan dan kewenangan.

“Kenapa korupsi bisa terus-terusan berlangsung, karena ada tiga poin yang bersimpangan bertemu di satu titik. Ketika ada niat, ketika ada kesempatan dan ada kewenangan,” jelasnya. “Jadi bagaimana caranya untuk bisa memerangi korupsi adalah tentang bagaimana kita bisa meminimalkan tiga faktor tersebut,” ujar Rika.

Dalam acara ini dipandu oleh moderator Ketua Prodi Sastra Inggris FBS UNAS Siti Tuti Alawiyah, M.Hum. Selain itu, turut dihadiri oleh para dosen khususnya dari FBS sebagai dukungan pada kegiatan yang diselenggarakan oleh Hima Sasing. (*ARS)

Berita Terbaru
Berita

Pernyataan Sikap Pimpinan UNAS

HUBUNGAN MASYARAKAT UNIVERSITAS NASIONAL Jl. Sawo Manila No. 61, Pejaten Pasar Minggu Jakarta Selatan 12520   Siaran Pers                    No.040/MPR/SP/IV/2024   Menyikapi

Read More »

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!