UPT Perpustakaan Fasilitasi Bedah Buku Hasil Kolaborasi Para Praktisi Pariwisata

Jakarta (UNAS) – UPT Perpustakaan Universitas Nasional (UNAS) fasilitasi kegiatan bedah buku hasil dari kolaborasi para praktisi di bidang pariwisata, bertajuk ‘Dinamika Pengelolaan dan Pengembangan Potensi Pedesaan Sebagai Desa Wisata’, di Ruang Rapat Cyber Library UNAS, Rabu, (12/06).

“Buku ini merupakan hasil kolaborasi pemikiran antara dosen, peneliti, dan praktisi pariwisata dari lintas perguruan tinggi di Indonesia. Kami bersama-sama menuangkan pikiran mengenai potensi desa wisata di Indonesia dari berbagai perspektif,” ujar salah satu editor buku tersebut, Dr. Ramang H Demolingo, S.S., M.Par.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni UNAS, Prof. Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., M.M.,(tengah) saat memberikan sambutan diacara bedah buku.

Dosen Pariwisata Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNAS itu melanjutkan, buku ini diharapkan bisa menggali lebih dalam mengenai konsep desa wisata dan membentuk desa yang membangun.

Dr. FX Setiyo Wibowo, M.M., selaku editor juga mengatakan bahwa buku ini mengkategorisasikan tiap desa menjadi tiga tipe dan menyoroti potensi luar biasa setiap desa, didukung oleh teori dan praktik lapangan selama 10 tahun.

“Fokus buku ini ialah pada ilmu Pariwisata yang mengkaitkan pedesaan dengan potensinya sebagai desa wisata di Indonesia. Kami mengulas konsep desa wisata, manajemen sumber daya manusia, dan resiliensi dan keberlanjutan,” jelasnya.

Sementara itu, hadir sebagai editor buku Kadek Wiweka, S.ST.Par., M.Par., M.Rech., Ph.D. juga menambahkan bahwa buku ini membahas berbagai contoh implementasi dari desa rintisan, hingga desa maju di berbagai wilayah.

“Buku ini tidak hanya menyajikan teori dan praktik, tetapi juga menguraikan kendala dan strategi penanganannya. Sebagai referensi, buku ini tepat bagi mahasiswa, dosen, maupun pengelola desa, dengan harapan bisa diaplikasikan di lapangan,” ucap Kadek.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni UNAS, Prof. Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., M.M., menuturkan bahwa bedah buku ini merupakan kegiatan yang dapat menciptakan suasana akademik yang baik di lingkungan kampus.

Baca Juga :   Seminar Internasional

“Sebagai seorang dosen, sudah seharusnya kita melakukan publikasi karya untuk bisa menjadi sumber referensi dan wawasan baru bagi mahasiswa. Saya sangat mendorong bentuk publikasi seperti ini, karena ini merupakan bagian dari komitmen dosen untuk selalu meng-update keilmuannya dan menghasilkan karya yang bermanfaat,” pungkasnya.(NIS)

Bagikan :
Berita Terbaru
Pengumuman

Informasi Pengambilan KTM

  PENGUMUMAN Disampaikan Kepada Mahasiswa Angkatan 2022 Yang Masuk Pada Semester Ganjil Maupun Genap Dan Mahasiswa Angkatan 2023 Semester Ganjil.

Read More »

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!