UNAS-UMS GELAR DISKUSI INTERNASIONAL BAHAS PERAN ASEAN

JAKARTA [UNAS] – Mahasiswa dan dosen Universitas Nasional (UNAS) menyambut kedatangan delegasi University Malaysia Sabah (UMS), untuk Menyelenggarakan diskusi Internasional dengan tema “ASEAN After Five Decades” dilaksanakan di Ruang Aula Blok 1 Lantai IV Universitas Nasional, Selasa (17/5).

Diskusi ini membahas tentang peran ASEAN terhadap berbagai masalah yang terjadi di negara-negara Asia Tenggara, baik masalah satu negara maupun masalah beberapa negara secara berkaitan. Yogi Muhammad Akbar mahasiswa UNAS Prodi Hubungan Internasional dan Nurul F mahasiswa UMS sama-sama memaparkan tentang masalah pengungsi Rohingya, tetapi Yogi menambahkan permasalahan Terorisme dan Pembajakan didalam pemaparannya..

Hasil diskusi menyimpulkan bahwa peranan ASEAN diberbagai masalah yang ada di negara-negara anggotanya masih belum dapat diharapkan, karena ASEAN kurang tanggapnya terhadap masalah-masalah tersebut. Secara tidak langsung dapat dikatakan ASEAN seperti tidak peduli dengan permasalahan yang ada di negara-negara anggotanya.

Menurut dosen Prodi Hubungan Internasional UNAS Hendra Maujana Saragih, S.I.P., M.Si. mengatakan bahwa semua negara-negara Asia Tenggara menaruh asa dalam pembentukan ASEAN. Namun lambat laun pembentukan ASEAN dapat dikatakan hanya sebuah lembaga saja tetapi belum berperan bagi negara-negara anggotanya.

“ASEAN memang dalam teorinya menunjukan bahwa negara-negara anggota adalah satu rasa, namun pada kenyataannya berbanding terbalik dengan penerapannya. Tanpa mengerti apa yang ada dibalik semua ketidak sigapan ASEAN terhadap masalah-masalah yang terjadi di negara-negara anggotanya.”, ujarnya.

Kedua pihak berharap ASEAN harus lebih memperhatikan permasalahan-permasalahan yang terjadi di negara anggota tersebut, dengan membantu penyelesaian atau memfasilitasi masalah diwilayah negara-negara Asia Tenggara.

Baca Juga :   Sebanyak 154 Mahasiswa Profesi FIKES Unas Ikuti Ucap Janji Kepaniteraan
Berita Terbaru
Berita

Pernyataan Sikap Pimpinan UNAS

HUBUNGAN MASYARAKAT UNIVERSITAS NASIONAL Jl. Sawo Manila No. 61, Pejaten Pasar Minggu Jakarta Selatan 12520   Siaran Pers                    No.040/MPR/SP/IV/2024   Menyikapi

Read More »

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!