UNAS Laksanakan Sosialisasi Renstra Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Bagikan Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Sosialisasi Renstra Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Jakarta –  Universitas Nasional (Unas) menggelar kegiatan sosialisasi renstra penelitian, renstra pengabdian kepada masyarakat, panduan penelitian, dan panduan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan pada Selasa, (14/12) bertempat di Ruang Auditorium Unas.

Kegiatan ini, bertujuan untuk menentukan arah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam jangka lima tahun ke depan. Melalui penyusunan program, penyiapan sumber daya dan pengaturan agar tujuan di masa depan dapat tercapai.

Tidak hanya itu, kegiatan sosialisasi tersebut juga memberikan wacana dan informasi mengenai rencana  langkah demi langkah dalam hal penelitian dan pengabdian ke depan yang akan membawa Unas mencapai tujuan akhir sesuai dengan tujuan yang tersirat dalam visi dan misi. Dimana perencanaan institusi meliputi rencana jangka panjang, rencana jangka menengah atau yang lebih dikenal sebagai rencana strategis dan rencana operasional.

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Prof. Dr. Ernawati Sinaga, M.S., Apt. Kegiatan rencana strategis (renstra) ini juga dihadiri oleh Dekan, Ketua Program Studi serta Ketua Pusat Studi lingkungan Unas.

Prof. Dr. Ernawati Sinaga, M.S., Apt.

Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Prof. Dr. Ernawati Sinaga, M.S., Apt., mengatakan bahwa sosialisasi ini dilakukan untuk menyampaikan segala informasi terkini tentang rencana strategis penelitian dan pengabdian selama lima tahun ke depan. Perencanaan itu nantinya akan dilaksanakan oleh semua fakultas, prodi dan lembaga yang ada di Unas yang bertujuan untuk meningkatkan penelitian dan pengabdian para dosen kepada masyarakat.

“Pada tahun 2021 ada saat nya untuk memperbaharui karena jangka waktunya 5 tahun jadi kita akan membuat renstra baik penelitian maupun pengabdian panduan baik penelitian dan pengabdian sampai 2026,” jelasnya.

Ia menekankan bahwa rencana strategis bukan hanya untuk penyelenggaraan penelitian dan pengabdian para dosen kepada masyarakat namun juga berguna untuk akreditasi, Prof. Erna pun mendorong para dosen untuk terus meningkatkan kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

“Saya mendorong kepada dekan, ketua prodi, ketua pusat studi dan dosen-dosen untuk bersama-sama meningkatkan persentasi partisipasi dosen dalam kegiatan penelitian, pengabdian, dan publikasi,” katanya.

Dalam kegiatan ini, disampaikan paparan materi oleh para pembicara. Paparan materi pertama yaitu renstra penelitian yang disampaikan oleh Prof. Dr. Ernawati Sinaga, MS., Apt., dilanjutkan dengan paparan renstra pengabdian kepada masyarakat oleh Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Unas Dr. Ir. Nonon Saribanon, M.Si.

Paparan ketiga yaitu panduan penelitian disampaikan oleh Dosen Unas Dra. Suprihatin, M.Si., dan paparan terakhir mengenai panduan pengabdian kepada masyarakat yang disampaikan Dekan Fakultas Biologi Unas Dr. Tatang Mitra Setia, M.Si., kegiatan berlanjut dengan agenda tanya jawab. (*DMS)

Berita Terbaru
Chat with Us!